Jangan Mandi Pakai Alat Bantu Spons! Ini Bahayanya

Photo: Net/Ist

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Anda punya kebiasaan mandi dengan spons sebagai alat bantu? Kalau iya, mulai sekarang lebih baik jangan lagi mempergunakannya! Karena, alat tersebut bukannya membantu Anda mengusir semua kotoran jahat di tubuh, tapi justru malah sebaliknya.

Dilansir okezone.com, Senin (08/01/2018), penelitian yang dilakukan J. Matthew Knigh di Knight Dermatology Insititute, terungkap bahwa spons sabun menyimpan sel kulit mati manusia dan tak mudah lenyap dari spons sabun.

Penyebabnya adalah, saat Anda menggosokkan spons sabun ke tubuh, maka secara tidak langsung sel kulit mati yang ikut terangkat terjebak di spons, dan sel tersebut akan tetap di situ meskipun Anda membasuhnya dengan air deras.

Kemudian, alasan lain kenapa sel kulit mati tidak hilang itu karena udara lembap. Jadi, secara tidak langsung ketika Anda berada di bawah shower dan membasuh tubuh dengan sabun, serta menggosoknya dengan spons, alat tersebut memiliki udara lembap dan hal itu sangat memungkinkan sel kulit mati betah berlama-lama di sana.

“Jadi, dapat dijelaskan pula bahwa saat Anda menggosok tubuh dengan spons, bukan hanya sabun dan busa yang menempel di kulit tubuh, tapi juga sel kulit mati yang telah lama berada di sana. Dan itu sangat menjijikan” tandas Matthew.

Anda juga tak ingin menggosok bakteri di sekujur tubuh,  dan yang lebih parah lagi ketika Anda menggunakan spons setelah Anda cukuran. Hal tersebut dampaknya lebih parah, misalnya infeksi kulit bahkan hingga luka basah.

Guna menghindari masalah-masalah tersebut, Anda harus membilas spons  secara berlebihan setiap selesai penggunaannya. Namun, jangan biarkan spons jadi kering di kamar mandi. Untuk itu, Anda harus mengganti spons setiap beberapa bulan, atau  paling aman tidak menggunakannya lagi. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA