Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita PangandaranKemenag Pangandaran Peringati HUT ke-2 dan HAB

Kemenag Pangandaran Peringati HUT ke-2 dan HAB

Kegiatan-kegiatan Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Pangandaran. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Dua tahun keberadaan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Pangandaran sebagai lembaga vertikal yang sinergis membangun kemitraan dengan pemerintah daerah, serta lokasi paling jauh dengan Kantor Wilayah Kemenag Jawa Barat, tidak menjadi alasan untuk tidak meningkatkan kinerja Kemenag Pangandaran dalam upaya peningkatan kapasitas SDM yang serta terbatas.

Kemenag Kabupaten Pangandaran merupakan bagian dari instansi vertikal yang langsung di bawah Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Jawa Barat yang melaksanakan tugas dan fungsi di tingkat Kabupaten Pangandaran. Berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 66 Tahun 2016 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja 33 Kantor Kemenag Kabupaten/Kota, Kemenag Pangandaran termasuk paling muda dibanding dengan Kemenag lain di Jawa Barat.

Kepala Kemenag Pangandaran, H. Eep Nuhyana, mengatakan, sinergitas antara stakeholder dengan lembaga vertikal merupakan kunci dalam membangun komunikasi serta melaksanakan berbagai kegiatan yang melibatkan Pemda.

“Kemenag Pangandaran secara resmi berdiri pada 11 Desember 2015 silam. Setelah resmi berdiri, Kepala Kemenag dilantik yang dilanjutkan pelantikan Kasubbag dan para kasi (Kasi Penma, Kasi Bimas Islam, Kasi Penyelenggaraan Haji Umroh dan Kasi Pakis) pada tanggal 31 Desember 2015 di Kantor Wilayah Kemenag Jawa Barat,” jelas Eep Nuhyana.

Dalam peringatan ulang tahun ke-2 Kemenag Pangandaran, Dadang Solihin, Ketua Pelaksana, mengatakan, pihaknya akan menyelenggarakan berbagai kegiatan perlombaan olahraga, kegiatan kreatifitas guru, gotong royong, bhakti sosial, pengajian serta kegiatan lainnya yang pelaksanaannya bersama Hari Amal Bhakti Kemenag ke-72.

“Kita laksanakan kegiatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag ke-72 itu tanggal 3 Januari 2018. Sedangkan rangkaian milad ke-2 Kemenag Pangandaran mulai 18 Oktober 2017 hingga 02 Januari 2018,” kata Dadang kepada Koran HR belum lama ini.

Dalam memeriahkan kegiatan tersebut, kata Dadang, para peserta berasal dari berbagai unsur di Kemenag seperti Pokjawas Madrasah dan PAI, RA, MI, MTs, MA, KUA, Penghulu, Penyuluh, unsur GPAI, Diniyah Takmiliyah, Pondok Pesantren, Organisasi Keagamaan dan Kemasyarakatan, serta unsur dari Pemerintah Daerah yang menjadi mitra kerja Kemenag Pangandaran.

Ia menjelaskan, dalam peringatan HAB dan Milad ke-2 tersebut tiada lain untuk menanamkan rasa cinta dan memperkuat silaturahim untuk menyebarluaskan informasi program kerja ke semua unsur yang di lingkungan Kemenag Pangandaran.

“Tentunya kami harap pengelolaan dan pengendalian program dapat dilaksanakan sesuai aturan, tepat sasaran dan tepat waktu,” pungkas Dadang Solihin.

Di lokasi yang sama, Kasi Pendidikan Madrasah (Penma) Kemenag Pangandaran, Ahmad Buhaeti, spirit dua tahun Kemenag Pangandaran berdiri yang diimplementasikan melalui kegiatan diharapkan menjadi sarana komunikasi untuk menunjang pemerintah daerah dalam mewujudkan Pangandaran Hebat.

“Sinergitas dalam membangun komunikasi dengan instansi Pemerintah Daerah dalam bentuk kegiatan dan program itu merupakan prestasi yang dibangun oleh Kepala Kantor Kemenag Pangandaran di usia 2 tahun ini,” kata Ahmad Buhaeti.

Melalui peringatan HAB dan Milad ke-2 Kemenag Pangandaran, kata Ahmad Buhaeti, semua lembaga yang ada di bawah naungan Seksi Penma, seperti PGM, IGRA, KKM, KKRA, KKG dan MGMP diharapkan bisa menyesuaikan diri dan menjalin komunikasi yang baik untuk meningkatkan kinerja, menanam nilai-nilai budaya kerja serta dapat mengimplementasikan semangat yang terbarukan. 

“Kita harap kehadiran Kemenag dan Pemerintah Daerah terus bersama-sama dalam membangun serta mensejahterakan masyarakat Pangandaran,” pungkasnya. (Mad/Koran HR)