Menurut Studi, Kebiasaan Mengumpat Bikin Sehat Fisik & Mental

Photo: Ilustrasi

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Kebiasaan mengungkapkan sumpah serapah atau mengumpat memang bukanlah kebiasaan yang baik. Meski begitu, menurut studi kebiasaan memaki itu berdampak positif bagi kesehatan fisik dan mental.

Dikutip dari Kompas.com, Selasa (30/01/2018), berikut ini fakta positif dari kebiasaan mengumpat;

Komunikasi yang efektif. Penelitian menunjukkan bahwa mengumpat bisa meningkatkan efektivitas dan persuasi ketika menyampaikan argumen. Selain itu, dengan mengeluarkan makian, kita juga bisa menyampaikan apa yang kita rasakan dengan cepat.

Berkata lebih jujur. Berdasarkan penelitian, orang yang sering mengumpat ternyata jarang berbohong dan mempunyai tingkat integritas lebih tinggi.

Meningkatkan toleransi rasa sakit. Saat kita tersandung batu atau terbentur, terkadang secara refleks langsung mengumpat. Tapi tak perlu malu dengan kebiasaan itu, karena menurut studi mengumat akan meningkatkan kemampuan tubuh menahan sakit.

Tanda kecerdasan. Memiliki kebiasaan marah serta memaki ternyata terkait dengan pengetahuan kosa kata yang lebih luas. Bahkan, hal itu dikaitkan pula dengan tingkat kecerdasan yang tinggi.

Bisa menenangkan. Ketika sedang marah atau kesal, kita bisa lebih tenang bila mengeluarkan umpatan. Kemudian, efek lainnya setelah mengumpat membuat kita merasa terkendali dan lebih rileks. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA