Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita CiamisMetode “Bermain Peran” Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Indonesia

Metode “Bermain Peran” Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Indonesia

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sejumlah Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan metode atau pendekatan permain peran sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan pelajar dalam berbahasa Indonesia. Metode itu juga digunakan untuk menanggapi trend Bahasa Indonesia non formal yang cenderung menyampuradukkan Bahasa Indonesia dengan bahasa asing. 

Lia Aryani, S.Pd, Guru Bahasa Indonesia di SMK Taruna Bangsa, ketika dimintai tanggapan oleh Koran HR, Senin (01/01/2018), membenarkan pentingnya penguatan Bahasa Indonesia yang baik dan benar di kalangan pelajar. 

“Soalnya, mereka selalu terombang-ambing dengan kemajuan jaman seperti globalisasi yang akibatnya berdampak pada penggunaan Bahasa Indonesia,” katanya.

Menurut Lia, pihaknya sengaja menggunakan pendekatan bermain peran dalam menyajikan pembelajaran.  Diakui Lia, banyak cara dan metode yang digunakan untuk meningkatkan serta menguatkan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar pada pelajar.

Namun demikian, Lia meyakini, bermain peran dapat merangsang pelajar untuk terus mengolah bahasa serta menggambarkan suatu peristiwa yang sudah, sedang ataupun yang akan terjadi.

“Pelajar ditunjuk untuk melakukan peran sesuai dengan tujuan cerita, dimana bermain peran hampir sama dengan percakapan. Cara ini biasanya akan meningkatkan kemampuan berbahasa pelajar, sehingga mereka terbiasa mengolah bahasa dengan benar,” ujarnya.

Senada dengan itu, Ade Abdul Aziz, S.Pd, mengamini metode bermain peran sangat baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa bagi para pelajar. Menurut dia, mencampuradukkan antara Bahasa Indonesia dan asing dalam keseharian akan melemahkan kemampuan pelajar dalam berbahasa Indonesia. 

“Sebaiknya kita jangan dibiasakan mencampuradukan. Karena efek dari itu menjadi lemahnya Bahasa Indonesia itu sendiri,” katanya.

Ade menegaskan, metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan pelajar dalam Berbahasa Indonesia. Metode ini dapat menarik minat pelajar untuk fokus mempelajari, mengolah dan mempraktekkan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. (Heri/Koran HR)