Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita BanjarNana Suryana Buka Kejuaraan Silat Antar Pelajar se-Kota Banjar

Nana Suryana Buka Kejuaraan Silat Antar Pelajar se-Kota Banjar

Nana Suryana saat membuka kejuaraan pencak silat SD/MI/sederajat dan SLTP sederajat se-Kota Banjar di SMK N 1 Kota Banjar. Foto: Hermanto/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Ketua DPC PDI-P Kota Banjar yang juga Calon Wakil Walikota Banjar, Nana Suryana, pagi tadi membuka kejuaraan pencak silat SD/MI/sederajat dan SLTP sederajat se-Kota Banjar, Sabtu (27/1/2018). Kejuaraan bertema Silat Kids Championship ini digelar di SMK N 1 Kota Banjar. 

Kegiatan yang diikuti 160 peserta dari 23 perguruan pencak silat di Kota Banjar ini merupakan dalam rangka ulang tahun perguruan Perisai Diri yang ke-5. Selain itu, kejuaraan ini pun dalam rangka menyambut HUT Kota Banjar yang ke-15. 

Ketua penyelenggara sekaligus Ketua Cabang Perisai Diri Kota Banjar, Tono Tarsono mengatakan, bahwa kejuaraan ini memperebutkan piala Perisai Diri. Kejuaraan ini pun bertujuan untuk membina, memupuk serta memantapkan keterampilan ketangkasan dalam seni bela diri, khususnya pencak silat. 

“Kegiatan ini untuk melestarikan serta mengembangkan budaya tradisional pencak silat, dan  melahirkan bibit-bibit atlet pesilat  tangguh yang memiliki sikap ksatria dan rasa nasionalisme,” ujarnya. 

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada segenap panitia, dan unsur terkait  yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini. 

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu hingga terlaksananya kejuaraan ini,” ucapnya. 

Sementara itu, calon Wakil Walikota Banjar, Nana Suryana mengatakan, bahwa olah raga pencak silat merupakan olahraga seni bela diri  asli dari Indonesia. Menurutnya, pencak silat adalah merupakan kekayaan lokal dan warisan budaya yang harus dilestarikan serta dikembangkan. 

“Olahraga pencak silat merupakan warisan budaya kita, untuk itu kita wajib melestarikannya,” ujar Nana Suryana kepada wartawan. 

Ia pun berpesan kepada peserta, melalui kegiatan ini supaya selalu menjaga persaudaraan serta saling menghormati dan menghargai antar sesama. Kegiatan ini pun sebagai ajang silaturahmi antar perguruan pencak silat yang ada di Kota Banjar. 

“Melalui pencak silat, mari kita jaga persaudaraan dan kegiatan ini mari kita jadikan sebagai ajang silaturahmi antar sesama,” pungkas Nana Suryana yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Banjar. (Hermanto/R6/HR-Online)