Negara Ini “Haramkan” Mobil Berwarna Hitam, Ini Alasannya

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Otomotif, (harapanrakyat.com),-

Jangan harap Anda akan menemukan mobil dengan warna hitam di negara Turkmenistan. Pasalnya, di tahun 2018 ini Presiden Turkmenistan, Gurbanguly Berdymukhamedov, memberlakukan peraturan melarang mobil warna hitam ada di negaranya.

Sebenarnya aturan larangan mobil hitam ada di Turkmenistan sudah ada sejak 2015. Alan tetapi, aturan tersebut hanya untuk mobil impor saja.

Lantas apa alasannya Gurbanguly Berdymukhamedov menerapkan aturan tersebut? Dikutip dari Carscoops, beberapa waktu lalu, banyak pemilik kendaraan roda empat khususnya warna hitam yang melaporkan mobilnya hilang.

Selain itu, presiden pun percaya akan takhayul, bahwa warna hitam tidak membawa keberuntungan. Sebaliknya, presiden menganggap warna terang seperti putih dapat membawa keberuntungan.

Akibat larangan tersebut, polisi pun menarik mobil dengan warna hitam. Sedangkan jika pemilik mobil hitam itu ingin mobilnya kembali, harus menandatangani dokumen yang isinya setuju mobil hitam dicat ulang atau diganti warna ke yang lebih terang.

Sedangkan jasa layanan pengecatan ulang memasang tarif yang tidak sedikit. Jika biasanya $500 atau sekitar Rp 6 jutaan, maka tarf baru untuk merubah warna dari hitam ke putih menjadi $1.000 atau sekitar Rp 13 jutaan. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA