Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita PangandaranPemkab Pangandaran Usulkan Formasi CPNS 500 Orang

Pemkab Pangandaran Usulkan Formasi CPNS 500 Orang

Kabid Pengembangan Pengadaan Kompetensi dan Informasi Data Pegawai BKPSDM, Rohaeni, saat di ruang kerjanya. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Badan Kepegawaian dan Pembangunan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pangandaran melakukan persiapan dalam rangka pengadaan CPNS tahun 2018 di Kabupaten Pangandaran. Hal ini sebagaimana Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Kemenpan RB No. B/750/M.SM.01.00/2017 perihal penyampaian kebutuhan PNS Tahun 2018 dengan batas akhir penyerahan data yakni akhir Januari 2018 ini.

Informasi yang dihimpun HR Online dari BKPSDM Pangandaran, saat ini persiapan tersebut masih dalam proses validasi dan penyesuaian data usulan formasi dari setiap SKPD.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pangandaran, Muhlis, melalui Kabid Pengembangan Pengadaan Kompetensi dan Informasi Data Pegawai, Rohaeni, menuturkan, bahwa untuk memenuhi formasi kebutuhan pegawai ini, pihaknya melakukan tahapan Analisis Beban Kerja (ABK) dan analisis Jabatan (Anjab). Dari hasil tersebut, maka akan didapat jumlah kebutuhan pegawai.

Sesuai data yang ada, jelas Rohaeni, ABK pegawai di Pangandaran sebanyak 5.875 pegawai. Sementara itu pegawai yang ada sebanyak 3.570. Dengan begitu, kebutuhan PNS di Pangandaran sebanyak 2.305 pegawai. 

“Kita sesuaikan dengan anggaran belanja pegawai saat ini. Untuk tahun 2018, usulan penerimaan CPNS sebanyak 500 pegawai dengan rincian, tenaga guru sebanyak 250 pegawai, tenaga kesehatan 100 pegawai, tenaga teknis sebanyak 150 pegawai,” papar Rohaeni kepada HR Online saat di ruang kerjanya.

Terkait kebutuhan riil ABK di Kabupaten Pangandaran, Rohaeni menyebutkan sebanyak 5.905 pegawai dengan jumlah ASN sebanyak 3.570 pegawai. Dari jumlah tersebut, maka kebutuhan sementara mencapai 2.335 orang. Maka dari itu, kata ia, Pemda masih ada kemungkinan untuk mengusulkan pegawai dengan mengacu pada perhitungan belanja pegawai sesuai versi Kementrian Keuangan.

“Pelaksanaan verifikasi dan validasi kebutuhan formasi di Pangandaran perkiraan sudah 90% lebih. Sebab, prosesnya ini online dan langsung dikirim ke Kemenpan RB. Kami optimis akhir Januari nanti akan beres,” pungkas Rohaeni. (Mad1/R6/HR-Online)