Pernah Merasa Terjatuh Saat Tidur? Ternyata Ini Penyebabnya

Photo: Ilustrasi

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Apakah kamu pernah merasa seolah-olah terjatuh saat tidur? Tak perlu panik, karena ternyata hal seperti itu sebenarnya dialami pula oleh banyak orang, di mana kondisi tubuh yang bereaksi mengalami kedutan secara tiba-tiba atau dinamakan “hypnic jerk.”

Kondisi tersebut sebenarnya bukan gangguan yang serius, sehingga tak perlu dikhawatirkan. Tapi jangan sampai disepelekan bila hal itu dialami secara terus-menerus. Dikutip dari Liputan6.com, Selasa (23/01/2018), ada dua teori yang dapat menjelaskan kondisi hypnic jerk.

Saat tubuh mulai masuk dalam mode tidur, secara alami sistem saraf akan bekerja lebih lambat. Seiring dengan itu, sistem pernapasan dan detak jantung pun semakin melambat, yang kemudian temperatur tubuh juga bisa mengalami penurunan.

Namun, saat tidur bagian otot bisa bergeser sehingga memungkinkan terjadi kedutan. Hal itulah yang memicu timbulnya perasaan seperti terjatuh atau kejang secara singkat.

Sedangkan menurut teori lainnya, saat tubuh tertidur, bagian otak masih bekerja dan otak bisa mengalami kesalahan kecil ketika menafsirkan otot dalam kondisi yang rileks.

Hal itu menandakan bahwa kondisi tersebut sebagai tanda terjatuh. Karena, otak memberikan sinyal ke dalam otot untuk menjadi tegang. Inilah yang membuat kita merasa ada kedutan singkat, mirip dengan sensasi seperti mau terjatuh.

Secara umum, penyebab dari fenomena dalam tubuh ini bisa disebabkan banyak hal, seperti kelelahan, stres, rasa cemas, perasaan tidak nyaman, termasuk mengonsumsi kafein.

Untuk menghindari hypnic jerk supaya tidak sering terjadi, kamu perlu mengatur dosis kafein dalam tubuhmu. Selain itu, perlu diperhatikan pula jangan kurang tidur tapi tidurlah yang cukup, stres secara berlebihan, dan aktivitas fisik yang berat juga perlu diperhatikan supaya tidak sering mengalami hypnic jerk.

Rasa gelisah akibat dari hal tersebut juga dapat memperburuk kedutan pada otot. Untuk itu, asupan nutrisi dari zat besi, kalsium serta magnesium perlu dikonsumsi guna meningkatkan kemampuan otak dan mengurangi munculnya hypnic jerk.

Selain itu, ada baiknya menggunakan teknik-teknik pijat relaksasi pada tubuh. Sebab, dengan cara ini pikiran akan menjadi lebih tenang dan tubuh kita cepat merespon, lalu tertidur dengan nyaman. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA