(Pilgub Jabar) KPUD Pangandaran Terjunkan PPDP untuk Lakukan Coklit

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pangandaran mulai hari, Sabtu (20/01/2018), hingga 18 Februari 2018 nanti melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) ke semua warga dalam menghadapi Pilgub Jabar 2018.

Ketua KPUD Pangandarna, Wiyono Budi Santosa, mengatakan, dalam Coklit tersebut yang pertama adalah mencatat pemilih yang telah memenuhi syarat yang belum terdaftar dalam daftar pemilih. Selanjutnya, PPDP juga memperbaiki data pemilih yang apabila terdapat kesalahan, serta mencoret pemilih yang telah meninggal.

“PPDP juga nanti akan mencoret pemilih yang telah pindah domisili ke daerah lain, mencoret pemilih yang berubah status sipil dari TNI maupaun Polri. Tak hanya itu, mereka juga akan mencoret pemilih yang belum genap umur 17 tahun dan belum nikah pada hari pemungutan suara,” jelas Wiyono saat menjelaskan poin-poin tugas PPDP kepada HR Online, Sabtu (20/01/2017).

Poin lain dari tugas PPDP saat berkunjung ke rumah warga, lanjut Wiyono, di antaranya mencoret data pemilih yang dipastikan tidak ada keberadaannya, mencoret pemilih yang terganggu jiwanya dengan bukti lampiran keterangan dari dokter. Selain itu, PPDP juga mencoret pemilih yang haknya dicabut sebagai pemilih sesuai dengan putusan pangadilan yang berkekuatan tetap.

Selanjutnya, imbuh Wiyono, para petugas juga mencatat pemilih berkebutuhan khusus atau disabilitas serta mencoret pemilih yang berdasarkan identitas kependudukan bukan merupakan penduduk pada daerah yang menyelenggarakan pemilihan.

“Ini dalam rangka KPU sebagai penyelenggara Pilgub Jabar yang mempunyai daftar pemilih berkualitas. Tunggu kedatangan petugas kami dan sampaikan data anda dan keluarga,” pungkas Wiyono Budi Santosa. (Mad1/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar