Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita Ciamis(Pilkada Ciamis) Iing: Hingga Tahun 2019, 500 KM Jalan Ditargetkan Sudah Dihotmix

(Pilkada Ciamis) Iing: Hingga Tahun 2019, 500 KM Jalan Ditargetkan Sudah Dihotmix

Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin dan Oih Burhanudin saat saat kegiatan deklarasi yang diselenggarakan di komplek Islamic Center Ciamis, Rabu 10 Januari 2018. Fhoto : Deni Supendi/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin dan Oih Burhanudin menyampaikan pidato politik dengan nada tinggi pada saat kegiatan deklarasi yang diselenggarakan di komplek Islamic Center Ciamis, Rabu (10/01/2018).

Nada tinggi pada pidato politik Paslon Iing – Oih tersebut menujukkan optimisme kedua kandidat untuk meraih kemenangan dalam perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar 27 Juni 2018 mendatang.

Dalam pidatonya, Iing menyampaikan banyak hal tentang keberhasilan dirinya saat menjabat sebagai Bupati dalam menjalankan roda pemerintahan, termasuk soal realisasi program pembangunan infrastruktur.

“Saya tidak akan menjelaskan panjang lebar, bapak dan ibu bisa melihat serta menilai sendiri hasil kerja saya dan Pak Oih selama tiga tahun kebelakang yang sudah melakukan perubahan di bidang pembangunan infrastruktur,” katanya.

Iing mengungkapkan, selama tiga tahun menjadi bupati Ciamis, seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten Ciamis sudah tersentuh pembangunan jalan hotmix. Bahkan, dari tahun 2014 sampai 2016, kata dia, pihaknya sudah mampu menghotmix jalan berstatus kabupaten sepanjang 225 kilometer dan diteruskan pada tahun 2017 sepanjang 75 kilometer.

”Padahal, dalam janji kampanye saya waktu periode pertama dan dituangkan dalam RPJMD, hanya menargetkan 50 kilometer pembangunan jalan hotmix pada setiap tahunnya. Tetapi, selama tiga tahun berjalan, sudah melebihi target dalam janji politik saya,” tegasnya.

Iing menambahkan, pada tahun 2018 ini, pihaknya sudah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan jalan hotmix sepanjang 100 kilometer. Dan pada akhir kepempinannya di periode pertama atau pada tahun 2019, kata dia, juga akan mengalokasikan anggaran untuk membangun 100 kilometer jalan hotmix.

“Hingga tahun 2019, Insya Allah 500 kilometer jalan kabupaten di Ciamis sudah dihotmix. Apabila target itu sudah tercapai dan saya dengan Pak Oih terpilih kembali untuk memimpin Ciamis dalam satu periode kedepan, maka uang ratusan milyar rupiah yang biasanya digunakan untuk pembangunan jalan hotmix selama 5 tahun di periode pertama, nanti akan dialihkan untuk anggaran pemberdayaan masyarakat, peningkatan sumber daya manusia dan bidang infrastruktur lainnya,” tandasnya.

Sebelumnya, dalam sebuah kesempatan, Iing menjelaskan, apabila 500 KM jalan kabupaten sudah dihotmix, berarti akses jalan vital di Kabupaten Camis sudah memadai dan dharapkan dapat memperlancar perekonomian masyarakat.

“Kenapa kita gencar melakukan peningkatan jalan dengan lapisan hotmix? Karena dengan lapisan hotmix akan memperlama usia kontruksi jalan atau paling singkat bisa bertahan hingga 5 tahun kedepan. Artinya, kita tidak terus menerus setiap tahun menghamburkan anggaran untuk membangun jalan. Kalau pun ada kerusakan, tinggal dilakukan pemeliharaan. Dengan begitu, pemanfaatan anggaran dalam APBD bisa lebih terarah untuk menuntaskan satu persatu program yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat Ciamis,” katanya. (Deni/Koran-HR)

Berita Terkait

(Pilkada Ciamis) Iing; Tidak Ada Celah untuk Kalah

(Pilkada Ciamis) Ini Alasan Oih Burhanudin Kembali ‘Berduet’ dengan Iing Syam Arifin