Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita Terbaru(Pilkada Ciamis) KPUD: Berkas Persyaratan Kedua Paslon Sudah Lengkap

(Pilkada Ciamis) KPUD: Berkas Persyaratan Kedua Paslon Sudah Lengkap

Dua pasangan Calon Bupati Ciamis, Herdiat- Yana D Putra dan Iing Syam Arifin- Oih Burhanudin. Foto: Tantan Mulyana/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ketua KPUD Kabupaten Ciamis, Kikim Tarkim, mengatakan, persyaratan kedua pasangan calon (paslon) bupati-wakil bupati Ciamis, Iing Syam Arifin- Oih Burhanudin dan Herdiat- Yana D Putra sudah dinilai lengkap. Langkah selanjutnya kedua pasangan calon akan melakukan pemeriksaan kesehatan di RSHS Bandung.

“Karena berdasarkan PKPU bahwa pemeriksaan kesehatan harus dilakukan di rumah sakit type A. Makanya pemeriksaannya harus dilakukan di RSHS Bandung. Pemeriksaan kesehatan tersebut untuk memastikan si calon benar-benar sehat secara jasmani dan rohani serta bebas dari narkoba,” katanya, kepada Koran HR, Rabu (10/01/2018).

Kikim menambahkan, berkas persyaratan kedua pasangan calon yang sudah diserahkan kepada pihaknya sudah dianggap lengkap dan memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan. Dalam waktu sebulan kedepan, kata dia, pihaknya akan menguji berkas-berkas kedua pasangan calon tersebut.

“Seperti ijasah, kita harus melakukan pengecekan keasliannya. Kami akan melakukan konfrmasi ke tempat sekolahnya melalui bantuan dinas pendidikan atau kementerian agama. Begitupun dalam mengecek ijasah perguruan tingginya. Artinya, seluruh berkas persyaratan harus dicek keasliannya dan kami diberi waktu hampir satu bulan,” ujarnya.

Setelah pemeriksaan berkas persyaratan dan kesehatan selesai, lanjut Kikim, langkah selanjutnya KPUD akan mengumumkan hasilnya. “Apabila pasangan calon semuanya lolos verifikasi administrasi dan tes kesehatan, maka kami pada tanggal 12 Februari akan menetapkan keduanya sebagai pasangan calon. Selang sehari kemudian atau tanggal 13 Februari, kami akan menggelar pengundian nomor urut,” katanya. (DSW/Koran-HR)