Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita CiamisPolres Ciamis: Korban Meninggal Keracunan Akibat Miras Ciu Dicampur Obat Batuk

Polres Ciamis: Korban Meninggal Keracunan Akibat Miras Ciu Dicampur Obat Batuk

Ilustrasi Minuman Keras. Foto: Ist/Net                   

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kasat Reskrim Polres Ciamis, AKP Hendra Virmanto, membenarkan puluhan pemuda mengalami keracunan minuman keras (miras) jenis ciu dan empat diantaranya meninggal dunia, usai menggelar pesta miras di Dusun Sukahurip, Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (28/12/2017) lalu.

Hendra mengaku meski kejadian keracunan miras ini terjadi beberapa waktu lalu, namun pihaknya baru mendapat laporan dari keluarga korban pada Selasa (02/01/2018). “Terus terang kami baru kemarin mendapat laporan dari keluarga korban. Malah anggota kami masih melakukan penyelidikan di lapangan,” ujarnya, kepada HR Online, Rabu (03/01/2018).

Namun begitu, lanjut Hendra, pihaknya sudah mendapat keterangan dari beberapa saksi, termasuk dari para korban yang kini masih menjalani perawatan medis di rumah sakit. “Dari hasil penyelidikan sementara, miras jenis ciu yang mereka minum ternyata dioplos lagi dengan menambahkan obat batuk jenis dexstro merk seledril satu kaplet dan minuman soda. Obat batuk tersebut ditumbuk hingga menjadi halus, lalu dicampurkan dengan air miras ciu. Kemudian dicampur lagi dengan minuman soda,” ujarnya.

Hendra mengungkapkan, miras jenis ciu tersebut merupakan oleh-oleh dari Yogyakarta yang dibawa oleh Jang Hayat, warga Dusun Sukahurip Desa Sukaresik Kecamatan Sindangkasih. Jang Hayat yang tengah merantau di Yogyakarta, sebagai pedagang cilok itu, sengaja pulang kampung ke Sindangkasih Ciamis untuk mengisi liburan tahun baru bersama-sama teman-temannya.

“Ceritanya, Jang Hayat yang merantau di Yogyakarta itu sengaja membawa oleh-oleh miras ciu untuk dibagikan kepada teman-temannya. Mereka mungkin sudah janjian akan berpesta miras pada liburan tahun baru lalu,” terangnya.

Hendra mengatakan, adanya dugaan miras ciu tersebut dioplos obat batuk dan minuman soda, setelah pihaknya mendapat keterangan dari teman korban yang ikut pesta miras. “Menurut keterangan Jang Hayat, salah satu korban, dia melihat Ujang Nana alias Gerger (korban meninggal) mencampurkan miras ciu dengan obat batuk jenis dekstro merk sederil sebanyak satu kaplet. Selain itu, menurut keterangan Jang Hayat, Nana pun menambahkan lagi minuman soda,” terangnya. (R2/HR-Online)