Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita CiamisSayang! Museum Tambaksari Ciamis tak Terawat

Sayang! Museum Tambaksari Ciamis tak Terawat

Museum bersejarah yang terdapat di Dusun Tambaksari, RT 02 RW 01, Desa Tambaksari, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis. Foto: Heri/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Museum bersejarah yang terdapat di Dusun Tambaksari, RT 02 RW 01, Desa Tambaksari, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, tidak terawat. Padahal, museum yang dibangun tahun 2001 sebagai tempat penyimpanan data sejarah peninggalan masa praakasara tersebut merupakan aset berharga.

Jony (22), seorang pengunjung, ketika dimintai tanggapan oleh Koran HR, Minggu (20/01/2018), mengatakan, bangunan museum bersejarah benda-benda masa praaksara berupa hewan vetebrata dan fosil homo erectus itu kondisinya tidak terawat.

Menurut Jony, di beberapa bagian bangunan museum mengalami kerusakan. Begitupun rerumputan di bagian halaman museum dibiarkan tumbuh bebas. Padahal, museum tersebut sengaja dibangun pemerintah untuk penyelamatan benda cagar budaya.

“Sayang, kondisi bangunan ini seperti tak terawat. Padahal ini merupakan aset edukasi bagi siswa dan masyarakat,” katanya.

Ucup, warga lainnya, menuturkan, bangunan museum tersebut merupakan aset yang dapat menghasilkan pemasukan bila dirawat dan dikelola dengan baik. Untuk itu, dia berharap pemerintah membuat inovasi untuk meningkatkan kunjungan masyarakat ataupun pelajar. 

“Awal dibangun, museum ini diproyeksikan untuk membantu kegiatan penelitian, sekaligus memberikan informasi kepada pengunjung. Harusnya, museum ini bisa dikembangkan dan menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan,” katanya. (Heri/Koran HR)