Setelah Dilantik, 15 PPL Langkaplancar Pangandaran Ikuti Bimtek Pengawasan Pilkada

Usai pelantikan, 15 PPL Langkaplancar berfoto bersama Panwascam Langkaplancar dan Panwaslu Pangandaran, di Aula Desa Bangunjaya, Rabu (17/01/2018). Foto : Eceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran,  melantik 15 anggota Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL), pemilihan Gubernur Jawa Barat tahun 2018. Selain pelantikan 15 PPL tersebut juga dibekali bimbingan teknis (Bimtek), bertempat di Aula Desa Bangunjaya, Rabu (17/01/2018).

Ketua Panwascam Langkaplancar, Oteng Dakik Solehudin menjelaskan, tugas PPL adalah mengawasi tahapan pemilu, mengawasi netralitas pihak yang dilarang dalam kampanye, mengawasi pelaksanaan sosialisasi penyelenggaraan pemilu di wilayah desa, mencegah terjadinya praktek politik uang di wilayah desa, dan memelihara arsip.

“Jadi petugas PPL yang saat ini dilantik diharapkan bekerja maksimal dan profesional, guna terselenggaranya pemilu yang aman dan kondusif, jujur dan adil,” katanya.

Sementara Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubla Panwaslu Kabupaten Pangandaran, Nursaeful Rohmat mengatakan, PPL harus bisa mencegah dan mengantisipasi isu sara, netralitas ASN, TNI dan Polri, kepala desa serta perangkat desa.

Selain itu, lanjutnya, mereka juga harus bisa mencegah dan mengantisipasi money politic, hoax di media sosial yang sering terjadi menjelang pemilu.

Salah seorang petugas PPL asal Desa Mekarwangi, Wandi Suarsana mengatakan, setelah dilantik dan diberi bimtek, dirinya sudah siap melaksanakan dan menjalankan tugasnya sebagai PPL. Begitu juga teman-teman yang lainnya, mereka sudah mempersiapkan diri untuk bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya. (Cenk/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar