Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita CiamisSMA Informatika Ciamis Bekali Siswa “Soft Skills” Keinformatikaan

SMA Informatika Ciamis Bekali Siswa “Soft Skills” Keinformatikaan

Berbagai kegiatan SMA Informatika Ciamis. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Berbeda dengan SMA lain yang ada di Kabupaten Ciamis, bahkan Priangan Timur, SMA Informatika Ciamis memiliki tambahan satu program plus yaitu program keinformatikaan. Di sekolah ini, keinformatikaan merupakan program keahlian unggulan bagi peserta didik bidang teknologi komputerisasi.

Kepala SMA Informatika Ciamis, Drs. Asep Dhana K, M.Pd., saat ditemui HR, Senin (25/12/2017), menuturkan, bagi generasi milenia kebutuhan akan teknologi sangat penting, bahkan menjadi sebuah pondasi kehidupan yang tidak akan bisa terpisahkan.

Asep menegaskan, SMA Informatika hadir di tengah masyarakat sebagai sekolah yang berbeda dari sekolah yang lain. Dengan sebuah terobosan, SMA Informatika siap menciptakan generasi yang berdaya saing global, siap kuliah ataupun kerja.

Menurut Asep, SMA Informatika juga memperkenalkan kepada peserta didik tentang Program Aplikasi Keinformatikaan dan Kewirausahaan (PAKK). Program praktek kerja lapangan seperti ini hanya dimiliki oleh SMA Informatika.

“Terobosan ini menjadi bekal bagi peserta didik memiliki kemampuan menguasai soft skills keinformatikaan,” katanya.

Sejauh ini, kata Asep, SMA Informatika tetap bertahan dan masih mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Hal itu dibuktikan dari meningkatnya jumlah peserta didik yang mendaftar pada setiap tahun ajaran baru.

Ditemui terpisah, Ketua Yayasan Informatika Ciamis, Tatang Djauhari, menjelaskan, pihaknya akan terus berupaya berinovasi serta meningkatkan kualitas untuk membantu pemerintah menyukseskan program pendidikan.  

Melalui PAKK, Tatang menegaskan, SMA Informatika mempunyai misi untuk merepresentasikan keinformatikaan, kewirausahaan dan disiplin ilmu secara nyata bagi masyarakat. 

“PAKK juga dalam rangka meningkatkan proses pendidikan dan pelatihan menuju tenaga kerja yang profesional. Selain itu, memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja peserta didik, karena itu merupakan bagian dari proses pendidikan di SMA Informatika,” katanya. (DSW/Koran HR)