SMAN 1 Banjar jadi SMA Rujukan Tahun 2016-2017

Salah satu program kegiatan SMA Rujukan di SMA Negeri 1 Kota Banjar. Photo: Istimewa.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

SMA Negeri 1 Kota Banjar ditunjuk oleh Direktorat Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai SMA Rujukan tahun 2016 dan 2017 di Kota Banjar. Penunjukkan ini telah memenuhi kriteria yang ditetapkan, diantaranya pelaksanaan Kurikulum 2013, terakreditasi A, serta memiliki praktik-praktik baik dan inovasi pendidikan yang layak dijadikan sebagai rujukan SMA lain.

Kepala SMA Negeri 1 Kota Banjar, Ahmad Sobana, mengatakan, penunjukkan dua tahun berturut-turut ini tak lepas juga atas pertimbangan prestasi akademik maupun non akademik yang telah banyak di raih selama ini, baik lokal, nasional, hingga internasional.

“SMA Rujukan itu tak lain adalah SMA yang telah memenuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan atau SNP, dalam mengembangkan ekosistem sekolah yang nyaman sebagai tempat belajar, mengembangkan praktek terbaik dalam peningkatan mutu berkelanjutan, melakukan inovasi dan berprestasi, baik akademik maupun non akademik,” jelasnya, Selasa (02/01/2018).

Ada beberapa program yang sudah dilaksanakan SMA Negeri 1 Banjar sebagai SMA Rujukan hingga Desember 2017 lalu, diantaranya pengembangan profil SMA Rujukan, peningkatan mutu pemenuhan SNP, penumbuhan budi pekerti, pengembangan muatan lokal, pengembangan kewirausahaan, pengembangan literasi sekolah, penyelenggaraan sekolah aman, serta pembinaan prestasi akademik dan non akademik.

Pihaknya bersyukur selama dua tahun ini sekolahnya ditunjuk sebagai SMA Rujukan di Kota Banjar, karena memang lulusan atau alumninya berkualitas dan banyak diterima perguruan tinggi negeri pavorit.

Selain itu, banyak pula siswa berprestasi, dan yang paling membanggakan adalah juara Olimpiade Matematika Internasional di Singapura pada tahun 2016. Serta banyak lagi prestasi tingkat nasional, seperti juara FLS2N Seni kria (kerajinan) di Makasar, juara Silat Perisai Diri di Bali, dan prestasi membanggakan lainnya.

“Selanjutnya, SMA Negeri 1 Banjar sebagai sekolah Rujukan sudah melaksanakan pengimbasan dan menjadi sumber inspirasi, serta pendampingan bagi SMA lain di Kota Banjar untuk menumbuhkan pendidikan yang bermutu. Jadi, harapan kami di tahun berikutnya SMA lain di Kota Banjar bisa ditunjuk SMA Rujukan,” ucapnya.

Lebih lanjut Ahmad Sobana mengatakan, capaian yang diraih sekolahnya ini sebagaimana visi yang dicanangkan, yaitu “SMA Negeri 1 Kota Banjar andal dalam imtaq, peduli lingkungan, kompetitif dalam prestasi global tahun 2021.”

Sedangkan, misinya yaitu “Mengoptimalkan penghayatan dan pengamalan ajaran agama, menciptakan sekolah berbudaya lingkungan, mendayagunakan potensi lingkungan sebagai sumber belajar, mempertinggi semangat berkompetisi dalam prestasi global, menciptakan budaya literasi, dan menciptakan mentalitas siswa yang jujur dan mandiri.”

“Semoga SMA Negeri 1 Kota Banjar ini terus berkembang dan maju. Untuk itu, kami minta khususnya kepada wali murid dan seluruh warga Kota Banjar, untuk memberikan dorongan dan supportnya,” pungkas Ahmad Sobana. (Nanks/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar