Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita TerbaruSmartphone Android Lemot Kaya Keong? Coba Tips Ini

Smartphone Android Lemot Kaya Keong? Coba Tips Ini

Ilustrasi. Foto : net/ist.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Apabila kinerja smartphone Android Anda sudah tidak ngebut lagi seperti pertama kali membeli, mungkin bisa disebabkan karena penggunaan yang sudah lama atau aplikasi yang berat.

Namun, Anda jangan khawatir jika smartphone mengalami penurunan kecepatan, karena ada berbagai cara untuk mengembalikan performa smartphone agar tetap ngacir.

Dilansir dari Android Central, berikut ini tips agar ponsel pintar tidak bekerja lambat kaya keong.

# Uninstall aplikasi yang jarang dipakai

Seringkali kita mencoba aplikasi terbaru yang ada di Google Play Store atau lainnya. Akan tetapi kita sering lupa jika aplikasi yang baru diunduh itu tidak di hapus atau uninstall, padahal jarang atau bahkan tidak pernah dipakai.

Jadi, sebaiknya uninstall aplikasi tersebut, karena kemungkinan akan menyedot RAM smartphone. Sehingga jika memang menguras RAM maka akan memperlambat kinerja dari smartphone.

# Pakai Files Go

Fungsi dari aplikasi besutan Google ini untuk memudahkan Anda membersihkan dan mengatur slot penyimpanan file di smartphone. Cara menggunakannya pun mudah, karena desain yang sangat simpel, cuma ada dua bagian yaitu Storage dan Files.

Storage untuk melihat sisa kapasitas memori internal smartphone. Selain itu, bagian ini juga menyarankan untuk membersihkan canche agar ruang penyimpanan menjadi lebih luas.

# Perbaharui sistem operasi

Ini yang jarang diketahui oleh pengguna smartphone Android. Padahal, instal update atau memperbaharui sistem operasi sangat penting, karena pembaruan sistem akan bermanfaat untuk meningkatkan performa smartphone. Caranya, buka Settings kemudian About Phone lalu System Update. Dengan catatan harus koneksi ke internet.

# Gunakan Aplikasi Ringan

Smartphone dengan harga yang relatif murah biasanya RAM-nya dibawah 1 GB. Sehingga agar kinerja smartphone tidak lelet kaya keong, lebih baik pakai aplikasi yang ringan.

# Hindari live wallpaper

Menggunakan Live Wallpaper pada smatphone memang sangat menarik, namun dampaknya malahan akan memperlambat kinerja bahkan sering membuat baterai cepat boros. Untuk itu sangat disarankan jangan menggunakan Live Wallapaper. (Adi/R5/HR-Online)