Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita PangandaranSoal Kekhawatiran Privatisasi Kawasan Pantai Pangandaran, Ini Kata DPRD

Soal Kekhawatiran Privatisasi Kawasan Pantai Pangandaran, Ini Kata DPRD

Kawasan pantai Pangandaran. Foto: Dokumen HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Anggota DPRD Pangandaran yang juga Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) mengapresiasi langkah pemerintah yang berhasil mengembalikan fungsi pantai sebagaimana mestinya.

Menurutnya, hal paling penting pasca relokasi tersebut di antaranya pemerintah harus segera melakukan penjagaan agar tidak lagi muncul pedagang-pedagang baru di lokasi Pantai Pangandaran, baik di timur maupun di barat.

“Pemda harus mendesain serta menata kawasan pantai tersebut secara komprehensif dan menjadi satu kesatuan agar selaras dan saling menunjang satu sama lain. Jadi, tidak boleh ada hotel yang mengelola kawasan pantai di depan halamannya dengan alasan akan timbul privatisasi areal pantai dan tidak lagi menjadi milik publik,” kata Asep Noordin kepada HR Online usai Rakor KPU dengan Parpol di salah satu hotel di Pangandaran.

Ia menyebutkan, ada sejumlah lokasi di kawasan pantai barat justru dikelola oleh hotel yang terkesan menjadi area privasi untuk pengunjung hotel. Bahkan, lokasi tersebut dipagar dan digembok agar masyarakat umum tidak dapat masuk secara bebas.

“Ini jangan sampai terjadi lagi pasca relokasi ini. Kami juga harap pemerintah untuk menyiapkan joging trek serta area evakuasi laka laut serta pembatas agar kendaraan roda dua ataupun empat tidak bisa masuk ke pantai,” tegasnya.

Ia berpandangan, DPRD sudah menetapkan Perda Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang seharusnya disambut baik dengan pelaksanaan oleh SKPD terkait. Termasuk Perda Reklame. Ia meminta pemerintah harus mengambil sikap terkait regulasi-regulasi yang sudah diterbitkan.

“Sekarang lahan parkir tidak seimbang. Jadi perlu adanya penambahan kantong parkir, khususnya untuk kendaraan kecil dan roda dua. Kita juga harap pemerintah untuk tidak menebang pohon yang sudah ada di sekitaran pantai. Biarkan pantai tetap asri, nyaman dan teduh. Jadi, lebih baik pilih pemangkasan daripada penebangan,” pungkasnya. (Mad1/R6/HR-Online)