Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita BanjarStaf Ahli Pemkot Banjar Heran OP di Daerah Penghasil Beras Membludak

Staf Ahli Pemkot Banjar Heran OP di Daerah Penghasil Beras Membludak

Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Setda Kota Banjar, Edi Herdianto, saat memberikan arahan kepada masyarakat dalam OP beras di Desa Waringinsari. Foto: Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Operasi Pasar (OP) beras di wilayah Kelurahan Muktisari dan Desa Waringinsari yang merupakan salah satu wilayah lumbung padi di Kota Banjar medapatkan antusias warga, bahkan dalam OP tersebut warga membludak. Kondisi membuat pemerintah heran dengan kondisi tersebut. Pasalnya, di dua daerah tersebut merupakan penghasil gabah.

Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Setda Kota Banjar, Edi Herdianto, mengaku heran dengan antusias warga yang begitu besar dalam OP ini.

“Kenapa ya, cukup heran juga. OP beras di dua desa ini begitu membludak warganya. Padahal ini kan wilayah penghasil gabah di Kota Banjar,” katanya kepada HR Online.

Ia memperkirakan kondisi tersebut ditengarai stok gabah yang ada di petani semakin menipis, bahkan juga kosong. “Ya kita tak tahu persis lah. Intinya kan harga beras sekarang cenderung terus mengalami kenaikan. Jadi warga perlu dibantu melalui OP ini,” imbuhnya.

Meski kondisi tersebut merupakan bagian dari Dinas Pertanian untuk melakukan analisa, namun dirinya terus memantau perkembangan di lapangan yang mana untuk dilaporkan ke Walikota, dan selanjutnya sebagai bahan masukan dalam rapat bersama tim pengendali inflasi daerah.

Edi harap, melalui OP beras ini yang dibeli oleh masyrakat agar dimanfaatkan sebaik-baiknya. Sebab, pemerintah juga tidak tinggal diam dalam menyikapi harga beras yang kian melambung tinggi harganya.

“Guna menekan harga beras di pasaran yang terus naik, ini salah satu langkah kita dengan OP. Semoga dengan OP ini warga terbantu dan mudah-mudahan harga kembali turun serta stabil kembali,” pungkasnya. (Nanks/R6/HR-Online)