Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita TerbaruTanpa Efek samping, Ini Manfaat Jahe untuk Tubuh

Tanpa Efek samping, Ini Manfaat Jahe untuk Tubuh

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Khasiat dari jahe sudah tidak diragukan lagi. Bahkan sejak dulu masyarakat India dan China kuno percaya dan memakai jahe sebagai obat dari berbagai penyakit, yang tidak ada efek sampingnya.

Sehingga tidak aneh jika sekarang jahe digunakan oleh para ahli herbal digunakan sebagai obat alami, dan banyak pengobatan modern yang mencampurnya dengan jahe.

Bahkan, seorang penulis buku Healing Superfoods for Anti-Aging: Stay Younger Live Longer, Karen Ansel, bahwa jahe termasuk dalam rempah-rempah yang luar biasa dan serba bisa.

Dikutip dari berbagai sumber, khasiat yang pada jahe untuk kesehatan diantaranya untuk mengobati mual dan kembung, baik karena efek kemoterapi, mabuk perjalanan ataupun akibat hamil.

Caranya dicampur dengan teh yang kemudian disajikan dalam cangkir. Efeknya, perut menjadi kosong, sehingga makanan tidak berdiam di dalam perut. Selain itu, jahe juga dapat menenangkan perut, yaitu dengan mengeluarkan gas serta kekembungan.

Manfaat lainnya dari jahe yaitu melawan gejala flu. Jahe mempunyai sifat anti-virus alami dan anti-bakteri yang membantu melawan virus flu. Selain itu, saat mengkonsumsi jahe, ternyata ada kandungan senyawa gingerol yang melawan inflamasi dan mentralkan asam lambung. Artinya, jahe dapat meningkatkan sistem imun dan melawan infeksi.

Cara membuat ramuan jahe menjadi herbal yang serba guna manfaatnya yaitu dengan mencampurkan parutan jahe segar sebanyak dua sendok dengan air hangat, kemudian disajikan ke dalam satu cangkir. Kalau ada ditambah dengan madu setengah sendok dan air perasan satu buah lemon.

Sedangkan didalam makanan, bisa dimasukkan jahe satu sendoh teh ke dalam satu mangkok sup ayam.

Ternyata jahe bukan hanya untuk kesehatan tubuh saja, melainkan untuk kecantikan juga bisa. Dikutip dari Women’s Health, jahe bisa membuat kulit menjadi bercahaya, serta melawan penuaan dini.

Karen Ansel menjelaskan, kandungan senyawa gingerols yang ada di dalam jahe, dapat menghentikan inflamasi, serta mematikan senyawa yang menyebabkan nyeri dalam tubuh.

Anti-inflmasi ini ternyata dapat mengobati kulit kemerahan dan iritasi. Bahkan menurut studi, jahe yang dicampur dengan kunyit dapat meregenerasi kulit secara menyeluruh. (Adi/R5/HR-Online)