Target PAD 2017 Kota Banjar Hanya Terealisasi 93,48 Persen

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Hingga akhir Desember 2017, target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Banjar belum tercapai. Dari target PAD yang ditetapkan sebesar Rp.131.813.257.467, saat ini baru terealisasi 93,48 persen atau Rp.123.224.598.271.

Hal itu dikarenakan sumbangan PAD sejumlah OPD ada yang belum mencapai target 100 persen, seperti Dinas Kesehatan, BLUD RS, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan, serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

“Itu laporan yang kami rekap per 31 Desember 2017, namun realisasinya bisa bertambah karena saat sebelum libur tahun baru ada setoran masuk ke kas daerah. Namun laporan dari bank sendiri sampai pagi ini belum kami terima,” kata Kabid. Pendapatan BPPKAD, Heri Safari, kepada Koran HR, Selasa (02/01/2017).

Meski realisasi setoran PAD masih bisa bertambah, tapi pihaknya memprediksi tetap target PAD 2017 tidak tercapai. Hal itu disebabkan adanya regulasi pemerintah pusat yang keluar di tengah tahun anggaran. Sementara, PAD Kota Banjar sudah ditetapkan targetnya sejak awal tahun.

Regulasi pusat yang tidak boleh ditarik ke pemohon itu seperti Izin HO dan Izin Air Bawah tanah. Dengan demikian, DPMPTSP tidak akan mencapai target yang ditentukan. Namun, hal itu bisa dimaklumi. Sedangkan, hal lainnya yakni adanya salah satu OPD yang kurang tepat melakukan perhitungan target PAD yang didapatnya.

Heri mengatakan, bahwa kondisi tersebut sudah diketahui walikota, dan sebelumnya juga telah dilakukan evaluasi terhadap sejumlah OPD untuk mengetahui kendala yang ditemui. Evaluasi itu untuk bekal perbaikan dan pencapaian target PAD tahun 2018.

“Untuk target PAD tahun 2018 tentu meningkat dari tahun 2017. Meski realisasi kenyataan 2017 seperti itu, tapi PAD harus meningkat di tahun berikutnya. Jika tak ada peningkatan dari tahun ketahun, ya itu nantinya OPD dibilang kinerjanya kurang optimal dan kurang bagus,” tandasnya. (Nanks/Koran HR)

KOMENTAR ANDA