Terminal Pasar Kawali Ciamis Perlu Direvitalisasi

Sub Terminal Pasar Galuh di wilayah Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis. Foto: Edji Darsono/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sub Terminal Pasar Galuh di wilayah Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Pasalnya, terminal yang berada di area Pasar Kawali tersebut kini sering dijadikan area bongkar muat barang.

Herdis, warga Linggapura, ketika ditemui Koran HR, Selasa (23/01/2018), menuturkan, Sub Terminal Pasar Galuh Kawali memiliki jalur yang sangat sempit, sehingga angkutan umum tidak masuk area terminal dan memilih berada di pinggir jalan.

“Selain lokasinya sempit, area terminal kerap jadi tempat bongkar muat mobil pengangkut barang. Kondisi terminal pun jadi semerawut,” katanya.

Menurut Herdis, melihat kondisi yang terjadi di Terminal Pasar Kawali, Pemerintah Kabupaten Ciamis perlu mengupayakan segera program revitalisasi. Dengan begitu, Terminal Pasar Kawali menjadi lebih representatif.

Juen, warga Kawali, menuturkan, kesemrawutan yang terjadi di kawasan Sub Terminal Pasar Galuh Kawali terjadi lantaran akses jalan masuk ke terminal sempit. Akibatnya, mobil angkutan malas masuk ke terminal. Terlebih, di sepanjang jalur masuk pasar dipadati kendaraan roda dua.

“Selama jalan tidak diperlebar terminal selamanya akan seperti itu. Kecuali jika terminal dipindah ke area depan pasar,” katanya.

Oyo Sunaryo, seorang kater, ketika diminta tanggapan, mengatakan, sopir angkutan memilih bayar retribusi di pinggir jalan ketimbang di terminal. Menurut dia, kondisi terminal yang berada di belakang pasar dengan jalur sempit menyulitkan angkutan untuk masuk. 

“Mudah-mudahan saja, kedepan apa yang diharapkan masyarakat dan juga awak angkutan direspon pemerintah,” katanya. (Dji/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar