Tikus Serang Tanaman Kacang Tanah, Petani di Cipaku Ciamis Gagal Panen

Photo: Ilustrasi

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Para petani kacang tanah di Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dipastikan bakal mengalami gagal panen akibat serangan hama tikus.

Sudinta, salah seorang petani mengatakan, tanaman kacang tanah yang siap memasuki masa panen diserang hama tikus. Dalam beberapa pekan terakhir ini serangan hama tikus semakin mengganas.

“Tikus memakan kacang tanah yang siap panen. Hama ini menyerangnya pada malam hari sehingga tanaman kacang tanah banyak yang mati. Sekarang para petani terpaksa memanennya meski usia tanaman belum maksimal,” tutur Sudinta, kepada HR Online, Rabu (24/01/2018).

Petani lainnya, Aan, mengungkapkan, hama tikus tak hanya merusak tanaman kacang tanah, tapi juga tanaman palawija lainnya, seperti jagung dan singkong. Atas kondisi tersebut, pada umumnya di musim tanam tahun ini para petani mengalami gagal panen.

Sementara menurut Iding, masih petani di Desa Ciakar, menambahkan, banyaknya hama tikus maupun hama lainnya tidak terlepas awalnya akibat ulah manusia juga. Sebab, ular sebagai hewan predator pemangsa tikus sudah menjadi target perburuan manusia untuk diperjual belikan, termasuk burung pemakan ulat. Akibatnya, tikus maupun serangga semakin merajalela. (Dji/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA