2650 Linmas Disiagakan untuk Pilkada Ciamis

Kabid Linmas, Rismunandar. Foto: Dian Soleh/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sebanyak 2650 petugas Pelindung Masyarakat (Linmas) akan dipersiapkan untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Ciamis yang akan digelar Bulan Juni tahun 2018 mendatang. 

Kabid Linmas Sat Pol PP Kabupaten Ciamis, Drs. Rismunandar, ketika ditemui Koran HR, Selasa (30/01/2018), mengatakan, 2650 petugas Linmas tersebut akan dipersiapkan untuk pengamanan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Selain di TPS, Rismunandar menyebutkan, sebanyak 31 orang petugas juga akan dipersiapkan untuk pengamanan pada saat pleno perhitungan suara di tingkat kecamatan atau di sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Kami sudah mempersiapkan petugas Linmas untuk menghadapi pelaksanaan Pilkada nanti. Seluruh petugas Linmas sudah diberikan pembinaan, berikut dengan pemberian seragam,” katanya.

Menurut Rismunandar, petugas Linmas yang terlibat dalam kegiatan pengamanan di TPS dan PPK akan diberi honor sebanyak dua kali, yaitu pada saat pengamanan kampanye dan penghitungan suara.

Pada kesempatan itu, Rismunandar menegaskan, petugas Linmas dilarang terlibat dalam politik praktis, baik melakukan kampanye ataupun menjadi tim dari salah satu pasangan calon (paslon).

“Ketentuan itu diatur dalam Permendagri Nomor 84 tahun 2014 tentang penyelenggaraan perlindungan masyarakat,” katanya.

Dalam peraturan itu, kata Rismunandar, tugas dan fungsi petugas Linmas adalah membantu aparat keamanan dalam pengamanan pemilu, mulai dari Pilkades, Pileg, Pilbup, Pilgub dan Pilpres. (DSW/Koran HR)

KOMENTAR ANDA