Awas! Bahaya Mengintai saat Berfoto dengan Gaya Peace

Foto: Ilustrasi

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Banyak oranya yang senang atau refleks menggunakan tanda peace saat berfose untuk diambil foto. Tak hanya masyarakat umum, namun selebritas juga banyak yang berfose demikian.

Dikutip dari Tempo.co, Kamis (22/02/2018), Research dari Japan’s National Institute of Informatics (NII), menemukan bahwa sidik jari dapat disalin dengan mudah dari foto kita di smartphone.

Apabila foto diambil dari jarak sampai 3 meter, maka peretas dapat mengambil sidik jari dan menggunakannya untuk mengakses privasi Anda. Mulai dari akun bank, gawai, hingga berkas-berkas dalam komputer Anda bisa disadap dan dimanfaatkan oleh peretas.

Menurut salah satu peneliti NII, Isao Echizen, banwa data sidik jari dapat dibuat ulang kalau gambar fotonya fokus dan terang. Sedangkan, Robert Capss dari NuData Security, mengatakan, kita bisa meninggalkan data biometri fisik dengan mudah di berbagai tempat, seperti benda yang kita sentuh, foto dari media sosial, serta video dengan teman atau keluarga.

Robert Capss juga mengatakan, informasi sidik jari bisa dengan mudah terlacak dan dimanfaatkan oleh penipu. Sekalinya data biometri dicuri dan diperjualbelikan, atau digunakan untuk kepentingan pribadi, maka risiko penyadapan akan semakin tinggi.

Guna mengatasi permasalahan tersebut, saat ini The National Institute of Informatics tengah mengembangkan sebuah alat yang dapat menyembunyikan sidik jari. Namun, penelitian ini baru bisa digunakan beberapa tahun lagi. Jadi, Anda sebaiknya cari fose lain ketika hendak difoto sampai teknologi tersebut diluncurkan. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA