Banjir & Longsor di Cihaurbeuti Ciamis, YBHM “Tanggung Jawab”

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

pembina Yayasan Bakti Hidayatul Mubtadi (YBHM), Lili Somantri, menyatakan, pihaknya bertanggung jawab penuh atas segala dampak (banjir & longsor) yang terjadi akibat proyek pembangunan yang dilaksanakan di wilayah Desa Pamokolan, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis.

Keputusan dan pernyataan itu disampaikan Lili Somantri usai menggelar kegiatan musyawarah bersama dengan unsur Muspika Cihaurbeuti yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Cihaurbeuti, Jum`at (23/02/2018).

“Hasil mediasi dan musyawarah di kantor kecamatan tadi, pihak yayasan membuat pernyataan bersedia bertanggungjawab,” kata Yana, Lurah Desa Pamokolan, ketika dihubungi HR Online, Jum`at (23/02/2018).

Dalam pernyataan resminya, Pembina YBHM juga menyatakan bakal memperbaiki kerusakan dengan cara membuat bronjong batuuntuk menahan tanah di lokasi proyek sesuai kajian teknis lapangan dengan standar konstruksi dan keamanan.

Selanjutnya, YBHM juga akan mengganti kerusakan jalan yang dilewati kendaraan akibat pendistribusian bahan material pembuatan bronjong tersebut. Dan pada program jangka panjang, YBHM juga akan membuat tembok penahan tebing (TPT) sepanjang lokasi proyek. Termasuk melakukan penghijauan dengan menanami kembali lokasi (lahan) apabila proyek tersebut tidak mendapat ijin dari pemerintah.

Dari pantauan HR Online, musyawarah tersebut dihadiri Camat Cihaurbeuti, Asep Khalid Fajari, Danramil Cihaurbeuti, Daya Bakir, Kapolsek Cihaurbeuti, Ipin Tasripin, Kepala Desa Pamokolan, Aon Nurhakim. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA