Baznas Ciamis Salurkan Bantuan Domba ke Peternak di Karangkamulyan

Baznas Kabupaten Ciamis saat memberikan bantuan domba kepada peternak di Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Foto: Tantan/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sebanyak 12 peternak domba di Desa Karangkamulyan mendapatkan bantuan domba dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Ciamis. Penyerahan bantuan tersebut berlangsung di Balai Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Rabu (28/2/2018). 

Bantuan Modal usaha ternak  tersebut bersumber dari para muzaki yang menunaikan zakatnya melalui Baznas Kabupaten Ciamis. Tujuannya, guna meningkatkan penghasilan peternak yang terbilang masih minim.

Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian Baznas Ciamis, KH. Ending Solahudin Ali, mengatakan, bahwa bantuan berupa domba betina yang sudah bunting tersebut merupakan realisasi  bantuan modal usaha dari Program Ciamis Sejahtera.

“Masing-masing peternak mendapatkan seekor domba betina yang sudah bunting. Diharapkan nantinya bisa berkembang biak dengan baik. Jika  satu ekor domba betina bisa melahirkan 3 anak domba, maka polusasi akan bertambah menjadi 36 ekor domba. Insya Allah penghasilan peternak pun akan bertambah,” ujarnya.

Kata dia, dengan bertambahnya penghasilan peternak, ke depan para peternak bisa berubah statusnya bukan lagi penerima zakat (Mustahiq), akan tetapi menjadi penunai zakat (muzaki). 

“Mampu melaksanakan kewajiban menunaikan zakat ternak jika sudah nishab, atau bisa menyisihkan dari penghasilan penjualan domba untuk berinfak sesuai dengan kemampuannya,” katanya. (Tan/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar