Cara Mudah Mengatasi Smartphone Terkena Air

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Musuh utama dari smartphone sama dengan barang elektronik lainnya yaitu air. Sehingga berbagai cara pun dilakukan supaya ponsel tidak terkena air, walaupun terkadang tetap saja terkena air, baik air hujan atau jatuh ke dalam genangan air.

Walaupun sudah banyak ponsel pintar yang mempunyai sertifikat anti-air khususnya di kelas high-end, akan tetapi masih banyak smartphone low-end yang belum dibekali sertifikat seperti itu.

Namun, jika sudah terkena air tak sedikit yang hanya bisa pasrah. Padahal kemungkinan besar smartphone yang terkena air tersebut masih diselamatkan. Nah berikut ini pertolongan pertama saat ponsel terkena air.

1. Langsung Matikan

Ketika smartphone terkena air, hal yang mesti dilakukan pertama kali yaitu langsung mematikan. Hal itu dilakukan agar risiko smartphone yang terkena air tidak mengalami kerusakan yang parah pada mesinnya.

2. Buka Casing, Copot SIM card dan Kartu Memori

Setelah mematikan, kemudian buka atau lepaskan casing smartphone dan copot SIM card serta kartu memorinya. Setelah dicopot bersihkan SIM dan kartu memori menggunakan lap kering.

3. Lepas Baterai

Smartphone yang tidak memiliki sertifikat anti-air biasanya mempunyai baterai yang bisa dilepas. Jika bisa, langkah selanjutnya yaitu melepas baterai.

4. Bersihkan menggunakan Lap Halus dan Kering

Setelah casing dibuka, kemudian SIM, kartu memori dan baterai dicopot, maka langkah selanjutnya yaitu membersihkan serta mengeringkan ponsel namun harus memakai lap yang halus serta kering. Anda bisa menggunakan tisu karena tisu bisa menyerap air atau lap lainnya yang sejenis.

5. Manfaatkan Pengering

Apabila Anda mempunyai mini vacuum atau hair dryer gunakan alat pengering itu untuk mengeringkan ponsel pintar. Akan tetapi mesti dilakukan dengan hati-hati, supaya komponen yang berada di dalam tidak rusak.  

6. Rendam dalam Beras

Langkah selanjutnya ialah rendam smartphone di dalam beras. Alasannya, beras merupakan alat atau medium yang mampu menyerap kelembapan udara serta air yang sangat bagus.

7. Tunggu Beberapa Hari

Proses terakhir yaitu jika sudah direndam di dalam beras, tunggu selama kurang lebih dua hari. Kemudian coba pasang kembali SIM card, dan baterai lalu nyalakan.

Jika tujuh langkah tersebut smartphone tidak bisa menyala, maka langkah paling akhir yaitu harus diservis. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar