Dapat Bantuan Domba dari Baznas Ciamis, Begini Kata Kades Karangkamulyan

Baznas Kabupaten Ciamis saat memberikan bantuan domba kepada peternak di Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Foto: Tantan/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Desa Karangkamulyan mengapresiasi bantuan domba yang diberikan kepada belasan peternak di wilayahnya dari Baznas Kabupaten Ciamis. Melalui bantuan tersebut diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan para peternak.

Kepala Desa Karangkamulyan, Mohamad Abdul Haris, mengakui, penghasilan peternak domba di wilayahnya masih minim. Hal ini disebabkan jumlah domba yang diternak memang sedikit, pola pemeliharaan masih tradisional dan sebagian domba yang diternak milik orang lain.

“Setiap peternak hanya memelihara antara 2-5 ekor domba. Penghasilan bersih peternak antara Rp. 300 ribu sampai Rp. 700 ribu pertahun. Ini tentunya masih sangat rendah,” ujarnya.

Dengan adanya bantuan domba dari Baznas ini, kata Haris, diharapkan menambah populasi domba di tingkat peternak. Agar bantuan dari Baznas ini bisa terpantau dengan baik, setiap peternak diharuskan masuk dalam kelompok peternak domba.

“Para penerima domba Baznas ini akan dihimpun dalam kelompok agar bisa mendapatkan fasilitas pembinaan dari desa, baik dalam pemeliharaan, penyediaan kandang sampai ke pemasaran domba. Pola peternakan pun ditargetkan berubah menjadi semi modern agar pengasilan mereka terus meningkat,” ujarnya.

Semenetara itu,  Agus Gunawan, salah seorang peternak di Dusun Kedungcaung,  RT 34 RW 10, mengaku bersyukur mendapatkan bantuan domba dari Baznas.

“Dari dulu saya berharap mendapat bantuan domba agar  bisa memelihara domba milik sendiri. Selama ini  hanya memelihara domba milik orang lain dengan sistem bagi hasil,” pungkasnya. (Tan/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar