Download Gambar di Google Semakin Dipersulit

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Menyimpan gambar milik orang lain bagi sebagian orang menjadi hal sudah biasa, apalagi dengan kemudahan mengakses yang selanjutnya diunduh melalui situs pencari Google sangat mudah. Namun, tersiar kabar bahwa kemudahan tersebut bakal dipersulit oleh Google.

Dikutip dari Mashable, akun google dengan akun @searchliaison di Twitternya menuliskan bahwa Google telah menghapus menu lihat gambar (view image) dari pencarian gambar (image search). Hal ini guna mempersulit seseorang menyimpan gambar yang berhak cipta.

Diketahui, kebiasaan mendownload gambar pada Google tersebut setelah melakukan pencarian dan gambar yang beresolusi tinggi langsung dipilih menggunakan menu view image untuk memastikan kualitas foto tersebut. Dengan kemudahan tersebut, seseorang justru tidak mengunjungi sumber foto tersebut, akan tetapi langsung diunduh.

Meski Google sudah menghilangkan tombol tersebut, namun pengguna bisa memilih dengan tombol kunjungan (visit) yang ada. Kebijakan ini diyakini bisa mengurangi seseorang dapat mencuri materi berupa gambar yang memiliki hak cipta.

Kebijakan penghapusan tombol view image tersebut setelah adanya Getty Image yang yang mengajukan komplain ke Google, yang mana Google diduga mempraktikkan antikompetisi dalam Google Image. Sehingga, Google dituding mendistorsi hasil pencarian dengan prioritas layanan gambar milik Google sendiri dan mempersempit pengguna dalam mengakses di Getty Image. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA