Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita CiamisHadapi Pemilu 2019, KPU Verifikasi Faktual Parpol di Ciamis

Hadapi Pemilu 2019, KPU Verifikasi Faktual Parpol di Ciamis

Verifikasi faktual KPUD Ciamis ke Partai Demokrat Ciamis. Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis melakukan verifikasi faktual terhadap partai politik (Parpol) peserta Pemilu tahun 2019. Verifikasi tersebut dilakukan untuk memastikan kebenaran dan kesiapan Parpol mengikuti Pemilu.

Ketua KPU Ciamis, Kikim Tarkim, ketika ditemui Koran HR, Selasa (30/01/2018), mengatakan, pihaknya sudah membentuk tim untuk melakukan verifikasi terhadap Parpol peserta Pemilu.

“Kali ini kita datangi langsung lima partai, yaitu Partai Demokrat, PKS, PBB, Hanura dan Partai Garuda. Lolos dan tidaknya nanti kita umumkan setelah selesai verifikasai semua partai. Di Ciamis ada sekitar 12 partai,” ungkapnya.

Untuk menjangkau semua Parpol, kata Kikim, pihaknya personil menjadi lima tim verifikasi. Artinya, Komisioner hingga anggota KPU melakukan verifikasi ke setiap partai dalam waktu yang bersamaan.

Tidak hanya itu, Kikim menuturkan, pihaknya juga melibatkan anggota Panwaslu Kabupaten Ciamis untuk membantu proses verifikasi Parpol.

“Dalam verifikiasi faktual ini kita melakukan pengecekan terhadap anggota Parpol, mulai dari pencocokan antara KTP dan juga KTA parpol dan menghadirkan semua pengurus Parpol,” jelasnya.

Menurut Kikim, dalam tahapan verifikasi faktual juga pihaknya mendatangi langsung kantor atau sekretariat DPC. Disana, tim melakukan pengecekan terhadap fasilitas, sarana dan prasarana kantor.

“Melihat dari hasil verifikasi sementara, untuk Partai Demokrat memenuhi syarat dan bisa lolos sebagai peserta pemilu 2019. Termasuk soal keterwakilan perempuan untuk Partai Demokrat sudah memenuhi syarat,” katanya. 

Wakil Ketua DPC Demokrat, Nurmutaqin, ketika ditemui Koran HR, Selasa (30/01/2018), mengaku sudah sejak jauh-jauh hari mempersiapkan diri untuk menjalani tahapan verifikasi faktual yang akan dilakukan KPU.

“Setelah verifikasi faktual ini selesai, hasilnya kami cukup puas, karena menurut KPU Partai Demokrat sementara ini sudah bisa dikatakan lolos dan bisa menjadi peserta pemilu. Tinggal menunggu surat keputusannya saja,” katanya. (Es/Koran HR)