HPSN 2018 Dipusatkan di Pawindan Ciamis

Penandatangan nota kesepakatan mengelola sampah. Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dusun Pasirpeteuy, Desa Pawindan, Kecamatan Ciamis, menjadi tempat pencanangan Hari Peringatan Sampah Nasional (HPSN). Dipilihnya Desa Pawindan tiada lain karena dianggap telah berhasil mengelola bank sampah, dapat menjaga lingkungan dari sampah, dan sampah yang dikelola masyarakat bisa menghasilkan rupiah.

Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin, saat menghadiri acara HPSN, beberapa waktu lalu, mengapresiasi pergerakan dan partisipasi masyarakat dalam mengelola sampah di wilayah Desa Pawindan.

“Inovasi bank sampah di Dusun Pasirpeteuy ini sangat luar biasa. Masyarakat begitu peduli dengan sampah yang memang memiliki nilai ekonomis jika dikelola dengan benar. Masyarakat tidak membuang sampah sembarang, malah sebaliknya, sampah tersebut kembali dikelola,” ungkapnya.

Iing menuturkan, inovasi kelompok masyarakat Dusun Pasirpeteuy yang diketuai oleh H. Eli, tokoh masyarakat setempat, patut dicontoh oleh masyarakat kecamatan atau desa lain di Kabupaten Ciamis.

“Mereka memiliki cara untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan memanfaatkan potensi yang ada, sehingga sampah yang dianggap sebagai barang bekas disulap menjadi barang yang bernilai ekonomis,” katanya.

Tidak hanya itu, kata Iing, dari laporan yang diterima pihaknya, pengelolaan sampah memang sangat mudah jika dilakukan dengan sunguh-sungguh. Seperti sampah non organik yaitu plastik dikumpulkan terpisah di bank sampah dan diuangkan kedalam tabungan masing-masing masyarakat. Sementara sampah organik diolah menjadi pupuk kompos yang bagus untuk tanaman.

“Kita bisa melihat pupuk organik yang dihasilkan bank sampah Pasirpeteuy ini terbukti bagus jika digunakan penyubur tanaman. Dan terbukti banyak tanaman di lahan kelompok tani tumbuh subur dan berbuah dengan kualitas bagus,” jelasnya.

Iing berharap, pencanangan HPSN di Ciamis ini menjadi motivasi bagi daerah lain, sehingga bisa mencontoh tata kelola bank sampah yang baik. Iing juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada komunitas peduli sampah Ciamis yang telah membantu menyadarkan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis, Oman Rohman, menambahkan, pelaksanaan HPSN tahun 2018 bersama dengan pencanangan gerakan “Sayangi Bumi, Bersikan dari Sampah” menuju Indoneisa bersih sampah tahun 2025, dan Kabupaten Ciamis maju berkualitas menuju kemandirian tahun 2019.

“Ini gerakan untuk membangun komitmen kerja bersama antara pemerintah, dunia usaha, masyarakat dan TNI/ Polri serta meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam mengelola sampah, sehingga dapat terwujud bersih sampah secara menyeluruh,” katanya.

Oman menuturkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun kesadaran, kepedulain dan menggugah masyarakat akan pentingnya memilah, mengkompos dan mendaur ulang sampah secara berkesinambungan, dengan mengatasi masalah sampah di sekitar lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Terkait kegiatan HPSN 2018, kata Oman, merupakan bagian dari kampaye dan edukasi kepada masyarakat untuk menumbuhkan gerakan memilih, mengkompos dan mendaur ulang sampah di perumahan, perkantoran, sekolah, kampus, pasar, kawasan bisnis, kawasan wisata, kawasan industri dan lainnya bersama pemerintah.

“Kita juga melakukan inovasi peluncuran pembayaran premi BPJS Kesehatan melalui Bank Sampah, Asuransi sampah untuk rawat jalan, peluncuran kartu ATM kerjasama bank sampah dengan bank konvesional, peluncuran green card shoping, pameran produk dan alan mesin daur ulang, demo pengelolaan sampah dengan prinsip 3R, serta menghimbau seluruh retailer untuk tidak menggunakan kantong plastik pada tanggal 21 Februari mendatang,” katanya.

Untuk lokasi, Oman menambahkan, akan dipusatkan di Dusun Pasirpeteuy, Desa Pawindan, Kecamatan Ciamis. Alasannya karena Dusun Pasirpeteuy menjadi kampung magot (masyarakat gotong-royong) yang telah berhasil dalam pengelolan sampah dengan kawasan zero waste (nol sampah). (Es/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar