HUT Kota Banjar ke-15, Warga Banjar Dihibur Wayang Golek

Pagelaran Seni Wayang Golek di sekitaran Alun-alun Banjar. Foto: Hermanto/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Masih dalam rangka rangkaian HUT Kota Banjar yang ke 15, Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar pagelaran wayang golek dari lingkung seni Giriharja Putra 3 Bandung, dengan dalang Yogaswara Sunandar Sunarya, di Alun-alun Kota Banjar, Sabtu (24/2/2018). 

Meski pagelaran digelar malam hari sejak pukul 21.00 WIB, namun pagelaran dengan lakon Bambang Kaca ini tetap disambut antusias masyarakat yang sejak petang sudah memenuhi tempat acara tersebut. 

Penonton yang hadir di antaranya dari berbagai daerah tetangga Kota Banjar, seperti Majenang Kabupaten Cilacap, Ciamis, Pamarican, Lakbok, serta penonton dari berbagai daerah lainnya. 

Irman (37) warga Pahonjean, Majenang, Kabupaten Cilacap mengatakan, bahwa ia sengaja datang langsung bersama keluarganya untuk menyaksikan aksi dalang muda yang merupakan putra kandung dari salah satu maestro dalang wayang golek, Ki Asep Sunandar Sunarya. 

“Keluarga saya memang sangat ngefans wayang golek, saya datang bersama keluarga. Pagelaran wayang golek ini sangat menghibur, dan terdapat pesan moral, serta diselingi dengan banyolan khas sunda,” ujarnya. 

Mamat (30) warga Banjar lainnya berharap, bahwa pagelaran wayang golek ini semoga bisa terus dijadikan agenda tahunan. Hal ini karena setiap tahun ada agenda nonton bareng wayang golek. 

“Gelaran wayang golek ini semoga terus dijadikan agenda rutin setiap tahunnya oleh Pemkot Banjar,” imbuhnya. 

Heri Aftari (30), warga lainnya berpendapat bahwa pagelaran wayang golek ini merupakan bukti Pemkot Banjar masih sangat peduli dengan seni dan budaya yang merupakan salah satu warisan budaya bangsa Indonesia. 

“Ini sebagai bukti bahwa Pememeritah Kota Banjar dengan leading sektornya yakni Dispenbud masih sangat peduli dengan pelestarian seni tradisi Sunda, khususnya seni Wayang Golek,” katanya. 

Acara ini pun dihadiri oleh plt Walikota Banjar, Darmadji Prawirasetia, Ketua DPRD Kota Banjar, Dadang R Kalyubi, Setda Kota Banjar, Ade Setiana, Ketua KPU Kota Banjar, Dani Danial Muchlis, serta tamu undangan lainnya. (Hermanto/R6/HR-Online) 

KOMENTAR ANDA

Komentar