Ini Efek Buruk Terlalu Sering Mendengarkan Musik Pakai Earphone

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Mendengarkan musik menggunakan earphone atau headphone pada komputer ataupun smartphone memang mengasikkan, karena tidak akan menggangu orang meski suaranya keras, selain itu yang mendengarkan musik pun tidak akan terganggu.

Akan tetapi, hati-hati saat memakai earphone untuk mendengarkan musik, terlebih memakainya dalam jangka waktu yang lama. Ada efek samping terutama bagi kesehatan jika earphone terlalu sering digunakan.

Diungkapkan Direktur Audiologi Diagnostik Rumah Sakit Anak Boston, Brian Fligor, dikutip dari berbagai sumber, bahwa efek negatif mendengarkan musik menggunakan earphone dengan volume yang keras melebihi 90 desibel salah satunya adalah akan kehilangan pendengaran sementara.

Gangguan pendengaran sementara itu jika terus dilakukan maka kemungkinan besar akan menjadi permanen. Itu terjadi terutama pada mereka yang usia remaja.

Pada tingkatan desibel atau pengukuran kenyaringan, untuk yang menggunakan earphone dengan tingkat desibel 85 dalam rentang waktu delapan jam sehari, maka akan menyebabkan gangguan pendengaran permanen. Pada 88 desibel, juga akan kehilangan pendengaran permanen dalam waktu empat jam. Sedangkan pada volume tertinggi atau sampai 100-105 desibel, akan kehilangan pendengaran hanya dalam 15 menit.

Efek negatif lainnya yaitu infensi telinga. Diinformasikan Manchester Evening News, pemakaian earphone secara teratur bisa mengakibatkan bertumbuhnya bakteri berbahaya, serta jika minjam atau meminjamkan earphone dari orang lain bisa  mentransfer bakteri orang lain ke telinga Anda. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA