Ini Manfaat dan Hal Unik Dibalik Kentut yang Belum Anda Ketahui

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rata-rata dalam satu hari orang kentut sebanyak lima hingga 10 kali. Akan tetapi, orang akan semakin sering kentut jika makan atau minum yang bisa mempengaruhi sistem pencernaan.

Makanan dan minuman tersebut diantaranya kacang-kacangan, ubi jalar, kedelai, gandum, produk susu, kembang kol, kubis dan makanan lainnya yang bisa mendongkrak pembuatan gas yang membuat kita kentut. Sedangkan makanan yang bisa menghentikan kentut ialah dengan memakan gula halus, namun itu bukanlah pilihan yang sehat untuk tubuh.

Jadi jika Anda ingin kentut sebaiknya jangan ditahan, karena kentut atau bahkan mencium bau kentut ternyata ada manfaatnya. Kalau tidak percaya, berikut ini manfaat dibalik kentut yang perlu Anda ketahui.

# Menurunkan nyeri perut

Hal yang akan terjadi saat menahan kentut dalam waktu yang lama adalah penumpukan gas atau cairan di dalam perut sehingga menyebabkan perut atau pinggang mengembung melebihi ukuran normal atau dalam bahasa medisnya distensi usus.

Dengan menahan gas dalam tubuh, dampak buruknya adalah perut akan terasa sakit. Cara mudahnya ialah dengan memberikan pijatan pada perut, itu akan memudahkan keluarnya kentut sehingga rasa nyeri di perut akan berkurang.

# Menghindari terkena stroke

Sangat disarankan jangan sampai menahan kentut dalam jangka waktu yang lama. Pasalnya, selain perut menjadi kembung juga dampak buruk menahan adalah bisa mengakibatkan terkena stroke.

# Mendeteksi alergi 

Jangan aneh jika kentut ternyata bisa mendeteksi alergi makanan di dalam tubuh kita. Seperti alergi intoleransi laktosa dan penyakit celiac yang bisa diketahui saat perut menjadi kembung disertai seringnya kentut dengan frekuensi yang terus meningkat atau sering.  

# Mencium kentut 

Sangat menjengkelkan apabila kita mencium bau kentut yang tak sedap dari orang lain. Akan tetapi, meski bau kentut sangat tidak sedap, namun menghirup baunya ternyata bisa menyehatkan tubuh.

Lho kok bisa? kandungan hidrogen sulfida yang bersumber dari kentut bisa mencegah kerusakan mitokondria pada sel tubuh kita, dan juga mengurangi risiko penyakit seperti jantung, arthritis bahkan stroke.

# Membuat Bahagia

Hal unik lainnya yang didapat dari kentut adalah bisa memberikan sensasi bahagia yang luar biasa. Itu disebabkan karena gas yang keluar dari kentut bisa mengurangi rasa gelisah. Bukan hanya itu, kentut juga bisa mengurangi rasa sakit di perut sehingga bisa memberikan efek bahagia di dalam pikiran. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA