Ini Tandanya Smartphone Anda Diretas Orang Lain

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Smartphone saat ini menjadi sasaran empuk bagi peretas atau hacker. Meski begitu, banyak orang yang belum tahu apa saja tanda-tandanya smartphone yang kena hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Nah berikut ini tanda-tanda ponsel pintar yang kena retas oleh orang lain, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

# Daya Baterai Cepat Habis

Jika baterai smartphone cepat habis padahal jarang memakainya, kemungkinan besar ponsel terkena hack. Itu terjadi ketika ada aplikasi malware yang meng-copy atau mengirim data dari smartphone.

Karena proses salin atau kirim tersebut, maka akibatnya baterai cepat panas dan dayanya pun cepat habis.

# Kuota Internet Boros

Para hacker sering menanamkan aplikasi secara tersembunyi di smartphone. Aplikasi yang biasanya berbentuk malware itu akan mengirimkan data ke luar tanpa sepengetahuan pemiliknya. Dan mengirimnya pun memakai kuota internet dari korban, sehingga tidak sadar data internet cepat habis karena dicuri.

# Aplikasi tidak Dikenal

Apabila Anda menemukan aplikasi yang tidak dikenal, padahal Anda tidak menginstalnya, kemungkinan itu merupakan ulah dari hacker. Tapi, pintar-pintarnya para hacker, mereka terkadang menyembunyikan aplikasi tersebut di tempat yang tidak bakal diketahui oleh pemilik smartphone.

Nah, agar tidak terjadi hal seperti itu, alangkah baiknya mengecek smartphone Anda, yaitu dengan membuka menu Setting/Pengaturanan, kemudian pilih Apps atau Application Manager.

# Mendengar Suara Asing saat Telepon

Saat menerima atau menelepon kemudian tiba-tiba mendengar suara asing yang tak jelas tetapi berbeda dengan suara bising normal, bisa jadi ponsel Anda kena hack.

# GPS Mendadak Aktif

Patut waspada apabila GPS di smartphone Anda tiba-tiba aktif dengan sendirinya, karena kemungkinan itu merupakan ulah dari peretas yang ingin tahu keberadaan posisi Anda.

Solusi jika Anda mengalami hal seperti itu adalah dengan mereset password. Apabila memang smartphone Anda dibajak, maka akan diarahkan ke email untuk melakukan back up.

Langkah lainnya yaitu mengaktifkan fitur dua langkah verifikasi untuk menjaga keamanan smartphone dan akun. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA