Jadi DPO Sejak 2017, Pelaku Penipuan Mobil Ini Akhirnya Mendekam di Penjara

Pelaku penipuan kendaraan bermotor berinisial DP alias Jotak (45), yang jadi DPO sejak 2017, kini telah diamankan di kamar tahanan Mapolsek Banjarsari. Photo: Suherman/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Jajaran Satreskrim Polsek Banjarsari, Ciamis, berhasil menangkap seorang pelaku penipuan kendaraan bermotor berinisial DP alias Jotak (45), di rumah kostnya yang berada di wilayah Kota Banjar, Jawa Barat, Jum’at (09/02/2018).

Panit 1 Reskrim Polsek banjarsari, Aiptu. Syakur. SH., mengatakan, pelaku penipuan kendaraan roda empat tersebut berhasil di tangkap di rumah kost-kostan, Lingkungan Sukarame, RT.03/25, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, setelah sebelumnya pelaku dinyatakan DPO sejak tahun 2017 lalu.

“Pelaku ini berhasil kami tangkap Jum’at dini hari sekitar pukul 03 WIB. Selama ini pelaku dikenal licin dalam bersembunyi,” terang Syakur, kepada HR Online.

Dia juga menjelaskan, bahwa aksi penipuan yang dilakukan DS adalah dengan cara merental kendaraan roda empat. Namun, kendaraan yang direntalnya tidak dikembalikan kepada pemiliknya, tapi malah dijual. Kasus yang melilit pelaku terjadi sejak bulan Desember 2016.

“Dari hasil laporan yang masuk ke meja kami, pelaku sudah melakukan aksi penipuan kendaraan roda empat sebanyak tiga kali di wilayah Kecamatan Banjarsari dan Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis,” kata Syakur.

Sejak masuknya tiga laporan polisi, yakni pertama Nomor LP/II/B/III/RES CMS/SEK BJRS/Tanggal 28 Maret 207. Kemudian, laporan kedua Nomor LP/14/B/IV/2017/JBR/RES CMS/SEK BJRS/Tanggal 21 April 2017, dan laporan ketiga Nomor LP/23/B/V/2017/JBR/RES CMS/SEK BJRS/Tanggal 30 Mei 2016, maka pelaku ditetapkan menjadi DPO.

Akhirnya, pada Jum’at dini hari, tanggal 9 Februari 2018, pihaknya berhasil menangkap pelaku di wilayah Kota Banjar tanpa perlawanan. Sementara itu, tiga orang korbannya mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah akibat dari ulah DS.

Adapun yang menjadi korban penipuan ini diantaranya Oceng bin Adi (51), warga Dusun Pabuaran, RT.08/02, Desa Karyamukti, Kecamatan Banjaranyar, pemilik kendaraan mobil colt TSS dengan kerugian sebesar Rp.40 juta.

Korban selanjutnya yakni, Daswa Permana (48), warga Dusun Mekarsari, RT.16/04, Desa Cikupa, Kecamatan Banjaranyar, pemilik mobil Suzuki APV. Korban mengalami kerugian sebesar Rp.150 juta, dan ke tiga adalah Yaya Suhaya (46), warga Dusun Sukahurip, RT.01/01, Desa Sukasari, Kecamatan Banjarsari, pemilik mobil Garand Max dengan kerugian Rp.140 juta.

“Akibat kelakuannya itu, kini pelaku diamankan di kamar tahanan Maposek Banjarsari, dan kasusnya akan segera dilimpahkan ke Polres Ciamis,” tandas Syakur. (Suherman/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar