Jelang UNBK, Disdik Kota Banjar Lakukan Monitoring ke Seluruh SMP

Jelang UNBK, Disdik Kota Banjar Lakukan Monitoring ke Seluruh SMPKabid Diknas Disbud Kota Banjar, Ahmad Yani, saat monitoring simulasi UNBK SMPN 4 yang digelarnya di SMKN 3 Kota Banjar, Kamis (15/02/2018). Foto : Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjar monitoring pelaksanaan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP se-Kota Banjar. Salah satunya yaitu memantau simulasi UNBK yang dilaksanakan oleh SMPN 4 Kota Banjar di SMKN 3 Kota Banjar, Kamis (15/02/2018).

“Kehadiran kami di sini dalam rangka monitoring kegiatan simulasi UNBK tahap II jenjang SMP. Kebetulan di wilayah Kec. Langensari ini ada beberapa SMP baik negeri maupun swasta, baik sudah mandiri atau pun yang belum, jadi ingin tahu sejauhmana kesiapannya,” kata Kabid Diknas Disbud Kota Banjar, Ahmad Yani, Kamis (15/02/2018).

Ahmad Yani menjelaskan, dengan monitoring ini nantinya akan diketahui atau bisa terlihat kemungkinan kekurangan yang ada di masing-masing SMP dalam pelaksanaannya. Sehingga kekurangan tersebut akan diantisipasi pada simulasi tahap III di bulan berikutnya.

“Serta tentunya, waktu UNBK sesungguh jenjang SMP 23-25 April mendatang, semua sarana penunjang dan siswanya di setiap sekolah betul-betul siap,” imbuh dia.

Diakuinya, hasil monitoring memang masih ada hal yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan, terutama terkait sarana dan prasananya. Dalam hal ini, perlu pemikiran dan solusi pemecahan bersama untuk sekolah yang belum mampu UNBK mandiri atau bergabung ke sekolah lain.

“Ya ada SMP yang UNBK mandiri dan belum,” tandasnya.

Hal lain hasil monitoring pada beberapa SMP, tambah dia, siswa peserta UNBK menyelesaikan soal hanya dalam waktu 40 menit.

“Harus dicek kembali oleh guru, apakah betul para siswa itu sudah mampu. Harapannya ya memang harus mampu, tapi siswa juga harus perhatikan dan manfaatkan lama waktu yang diberikan,” ujarnya. (Nanks/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA