Kerja Lembur Baiknya Minum Teh daripada Kopi, Ini Penjelasannya

Photo: Ilustrasi

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Tak dipungkiri, kopi dan teh memang bermanfaat untuk tetap bersemangat yang membuat stamina dan mata tetap terjaga saat kita kerja lembur. Hal ini karena kedua jenis minuman tersebut sama-sama mengandung kafein.

Dikutip dari Liputan6health, Jum’at (23/02/2018), sebagai alternatif dari kopi, minum teh juga sering dipilih sebagai teman lembur lantaran teh mengandung senyawa kafein. Besarnya kandungan kafein dalam teh bergantung jenis daun teh yang dipilih serta cara mengolahnya.

Contohnya teh hijau mengandung kafein sebanyak 70 mg. Kemudian, teh hitam mengandung hingga 90 mg kafein dalam setiap cangkirnya. Kandungan kafein dalam teh yang tergolong rendah tidak akan menimbulkan reaksi shock pada sistem saraf pusat tubuh, jadi Anda bisa mendapatkan efek kafein dalam kadar yang cukup dalam jangka waktu lama.

Bukan hanya itu, teh juga mengandung zat stimulan lain, seperti teofilin, teobromin, dan L-teanin. Zat yang terkandung dalam jenis teh tersebut memiliki mekanisme masing-masing untuk memicu sistem saraf supaya tetap fokus dan waspada secara stabil sepanjang malam.

Selain itu, teh juga diketahui punya efek menenangkan dan tidak memicu produksi asam lambung berlebih. Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari teh, sebaiknya gunakan air seduhan pertama dari daun teh, hindari menyeduh daun teh yang sama berulang-ulang karena akan mengurangi cita rasa dan manfaatnya.

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa minum teh merupakan teman lembur yang lebih baik dibanding kopi. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar