Ketahui Beberapa Sinyal Stres yang Bisa Anda Alami

Photo: Ilustrasi

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Penyebab stres bisa datang dari banyak faktor, diantaranya Anda bisa mengalami stres ketika memiliki banyak pekerjaan atau tuntutan dan tekanan tinggi.

Dikutip dari Tempo.co, Kamis (15/02/2018), seorang psikologi anak di Brawijaya Clinic, Samanta Ananta, mengatakan, untuk mengelola stres, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui sinyal stres.

Ada beberapa sinyal stres yang bisa dialami, yaitu nafsu makan bertambah, jantung berdebar lebih sering, dan perasaan was-was yang berlebihan sehingga mengakibatkan susah tidur.

Setelah mengetahui sinyal tersebut, lakukan relaksasi, meditasi atau yoga yang dapat membantu Anda mengelola stres. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk meminimalisir tingkat stres;

Pertama, tarik nafas dalam-dalam. Karena, saat stres tubuh cenderung bernapas lebih cepat dari biasanya. Cara ini bisa membuat tubuh Anda menjadi rileks dan mampu mengurangi tingkat stres. Lakukan cara ini berulang kali.

Kedua, posisi bayi tidur tengkurap untuk membantu meregangkan semua saraf. Coba Anda lakukan selama 20 detik secara berulang. Cara ini mampu melancarkan peredaran darah ke semua bagian tubuh, termasuk otak. Kemudian, lakukan sedikit olahraga jika tubuh dan pikiran Anda terasa lelah dan jenuh oleh pekerjaan. Hal ini juga bisa membuat Anda lebih rileks.

Ketiga, guna mencegah stres berkelanjutan, lakukan me time, yaitu semacam masa-masa santai sendiri, minimal satu kali dalam seminggu. Perlu diingat, jangan pernah melampiaskan stres pada konsumsi minuman beralkohol, obat-obatan terlang dan rokok, karena hal tersebut justru bakal memperburuk kondisi.

Jangan pernah menyimpan masalah Anda sendiri, cobalah berbagi dengan orang yang Anda percaya. Tapi, bila Anda sudah tidak mampu mengelola stres sendiri atau bingung, sebaiknya pertimbangkan dulu untuk berkonsultasi dengan psikolog. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA