Kuota Data Cepat Habis Saat Smartphone Jarang Dipakai, Ini Aplikasi Penyebabnya

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Memiliki smartphone dengan berbagai aplikasi yang dipasang, tentu sudah menjadi lumrah bagi penggunanya. Namun, banyaknya aplikasi tentu membutuhkan data internet yang cukup, apalagi aplikasi yang menunjang aktivitas Anda sehari-hari.

Jika Anda merasa tidak menggunakan aplikasi pada smartphone secara terus-terusan, namun datanya justru cepat habis, Anda perlu mengecek kembali aplikasi yang jahat terhadap data.

Seperti yang diungkapkan oleh tim Opera Max dari jutaan pengguna Opera Max, bahwa rata-rata lebih dari 30 persen data internet justru digunakan oleh aplikasi yang berjalan di latar belakang, seperti halnya Facebook Messenger, WhatsApp, serta Gmail. Penemuan ini sesuai data agregat statistik anonim pengguna Opera Max pada Desember 2015 silam.

Sebagaimana dilansir dari laman chip.co.id, Facebook Messenger dan Gmail merupakan aplikasi yang boros data, bahkan dari jumlah sekitar 73 persen penggunaan data, aplikasi tersebut berjalan di latar belakang. Sementara Google Drive dan WhatsApp tingkat penggunaan datanya mencapai 50 persen.

Perlu diketahui, data di belakang layar merupakan lali lintas internet saat Anda tidak benar-benar menggunakan aplikasi tersebut, seperti halnya sinkronisasi email, artiket berita atau lainnya. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA