Kurang Fasilitas, SMPN 4 Banjar ‘Nebeng’ UNBK ke Sekolah Lain

Kepala SMPN 4 Banjar, Sarjo. Foto : Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Seluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Banjar, dipastikan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Online atau Komputer (UNBK) pada 23-25 April 2018 mendatang.

“SMP di Kota Banjar tahun ini, sesuai instruksi dan kebijakan daerah diwajibkan melaksanakan UNBK. Makanya sekolah kami pun dengan jumlah 286 siswa peserta sudah siap melaksanakannya,” kata Kepala SMP Negeri 4 Kota Banjar, Sarjo, kepada HR Online, Sabtu (10/02/2018).

Meski SMP N 4 Kota Banjar menyatakan siap melaksanakan UNBK, namun masih ada beberapa kendala dalam pelaksanaannya, seperti terbatasnya sarana komputer dan belum mempunyai server sendiri.

Sarjo mengakui bahwa sekolahnya baru memiliki 30 unit komputer. Sedangkan syarat untuk melaksanakan UNBK mandiri, sekolahnya dengan jumlah siswa peserta 286 siswa harus memiliki atau tersedia minimal sebanyak 80 unit, 4 server dan 1 server cadangan.

“Untuk itu agar bisa UNBK secara mandiri, tentu tak berlebihan diperlukan bantuan pengadaan penambahan kekurangan sarana tersebut dari pemerintah, tak terkecuali dukungan pihak-pihak terkait,” ucapnya.

Untuk itu, SMPN 4 Banjar dalam pelaksanaan UNBK nanti akan menginduk ke sekolah lain. Menurutnya, kondisi ini serupa dengan beberapa SMP di Kota Banjar lainnya.

“Ada sejumlah SMP yang mandiri UNBK nya dan ada yang belum. Sekolah kami ini, termasuk yang belum sehingga disiasati kekurangan fasilitas komputer dengan memakai komputer SMK/SMK yang sudah lebih dulu menyelenggarakan UNBK tahun lalu. Nantinya, SMPN 4 menginduk ke SMKN 3 Banjar,” tandasnya.

Terkait persiapan, menurut dia, siswa-siswinya sudah dan sedang diberikan pengayaan. Begitu pun akan dilaksanakan simulasi UNBK pada 14 Februari besok. (Nanks/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA