Lewat Festival Budaya Nusantara, Siswa SMAN 1 Banjasari Ciamis Dikenalkan Keanekaragaman

Ratusan siswa SMAN 1 Banjarsari menggunakan aneka ragam pakaian budaya serta memamerkan replika rumah adat daerah pada kegiatan festival budaya dan kuliner nusantara. Foto : Suherman/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kecerian serta kegembiraan nampak terlihat di raut wajah ratusan siswa SMAN 1 Banjarsari saat mengikuti kegiatan (even) festival budaya dan kuliner nusantara yang dilaksanakan di lingkungan kampus SMAN 1 Banjarsari, Senin (12/02/2018) lalu.

Pada acara tersebut, ratusan siswa SMAN 1 Banjarsari menggunakan aneka ragam pakaian budaya serta memamerkan replika rumah adat daerah yang ada di seluruh nusantara dilengkapi dengan suguhan kulinernya.

Humas SMAN 1 Banjarsari, Ade Saefuloh, kepada Koran HR, Senin (12/02/2018), mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin sekolah. Dalam kegiatan itu para siswa menggunakan baju adat serta budaya daerah yang ada di nusantara.

“Kegiatan ini terselenggara berkat usulan dari OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah).  Mereka menginginkan kegiatan rutin tahunan ini digelar berbeda dari biasanya,” katanya.

Aef menuturkan, pada kegiatan festival budaya nusantara ini para siswa menggunakan pakaian adat serta membuat miniatur bangunan rumah adat dari bahan sederhana. Selain itu siswa juga menyajikan berbagai makanan (kuliner) nusantara.

Menurut Aef, kegiatan festival seni budaya dan kuliner nusantara ini bertujuan untuk mendidik siswa tentang pemahaman keanekaragaman budaya Indonesia yang mengandung nilai sangat besar.

“Nantinya, mereka diharapkan bisa mengenal budaya serta memahami ciri khas masing-masing daerah yang ada di nusantara,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Kepala SMAN 1 Banjarsari, Drs. Irsyadul Hayat, mengaku sangat mengapresiasi kreatifitas para siswa yang antusias mengikuti kegiatan festival budaya dan kuliner nusantara tersebut.

“Alhamdulillah, saya sangat mengapresiasi sekali keseriusan para siswa. Kegiatan besar ini  berhasil terlaksana berkat kerja keras mereka mempelajari budaya nusantara. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa rutin dilaksanakan setiap tahun,” katanya.

Irsyadul Hayat menambahkan, pihaknya juga berharap para siswa dapat memahami pentingnya kerukunan serta keanekaragam budaya yang ada di nusantara. Termasuk juga menerapkan toleransi dan kebersamaan sebagaimana diajarkan dalam Bhineka Tunggal Ika.

“Biar berbeda adat dan budaya, namun tetap satu tujuan, membangun negeri kita Indonesia,” katanya. (Suherman/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar