Mantapkan Kesiapan UNBK, SMPN 4 Banjar Gelar Simulasi

Guru SMPN 4 Banjar sedang menyiapkan simulasi untuk UNBK di SMKN 3 Banjar, Kamis (15/02/2018). Foto : Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

SMPN 4 Kota Banjar menggelar simulasi tahan II Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), di SMKN 3 Kota Banjar, Rabu-Kamis (14-15/02/2018). Simulasi tersebut untuk mengoptimalkan kesiapan para peserta UNBK yang akan dilaksanakan April 2018 mendatang.

Wakasek Kurikulum SMPN 4 Kota Banjar, Tuti Hartati mengatakan, meski  fasilitas yang dimiliki sekolahnya belum memadai untuk melaksanakan UNBK secara mandiri sehingga harus menumpang ke sekolah lain, namun tidak menyurutkan tekad para guru mengoptimalkan kesiapaan pelaksanaan UNBK, termasuk kesiapan siswa yang akan mengikuti ujian nantinya.

“Kami terus mantapkan persiapkan, seperti halnya simulasi UNBK ini. kami tidak ingin ada kendala dalam pelaksanaan UNBK nanti. Tak masalah walau gunakan fasilitas sekolah lain, ya bertahap semoga tahun depan bisa mandiri,” katanya di sela-sela jeda shif simulasi, kepada HR Online, Kamis (15/02/2018).

Tuti memaparkan, dalam pelaksanaan simulasi dengan 287 calon peserta ujian ini dibagi 2 sesi, dan menggunakan 6 ruang kelas. Per kelasnya diisi 25 peserta. Sesi pertama, masuk 07.30-09.15, dan sesi kedua 09.30- 11.30.

“Selain simulasi UNBK ini, siswa diberikan pengayaan atau jam tambah pelajaran dari pukul 14.00 sampai 16.00 WIB pada setiap hari Senin-Kamis, diadakan try out, juga tentunya guru menyiapan administrasi siswa peserta,” katanya.

Dia memastikan segala sesuatunya lancar, baik sarana dan sarana yang digunakan begitupun siswa pesertanya. Yang jelas, katanya, sampai saat ini tak ada kendala di perangkat komputer dan servernya, terlebih siswa sudah terbiasa mengoperasikan komputer seiring mata pelajaran IT yang diberikan.

“Cuma memang tahun depan sesuai kurikulum tak ada pelajaran khusus IT, karena sudah tercakup dalam setiap bidang pelajaran yang ada. Sarana prasarana siap serta siswa pun sudah siap UNBK,” pungkasnya. (Nanks/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA