Mencari Suaminya, Ibu Muda Asal Sumedang Ini Terlantar di Ciamis

Ica alias Bela (27), warga Dusun Pasirgawing RT 03/RW 03, Desa Sukatani, Kecamatan Tanjungmedar, Kabupaten Sumedang, saat berada di Pos Ronda di Lingkungan Pabuaran RT 04/RW 22, Kelurahan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (1/02/2018). Foto: Tantan Mulyana/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ica alias Bela (27), warga Dusun Pasirgawing RT 03/RW 03, Desa Sukatani, Kecamatan Tanjungmedar, Kabupaten Sumedang, terlihat murung penuh kesedihan saat duduk di sebuah Pos Ronda di Lingkungan Pabuaran RT 04/RW 22, Kelurahan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (1/02/2018).

Sembari menggendong anaknya yang berusia 2 tahun, ibu muda ini mengaku tengah mencari keberadaan suaminya
yang meninggalkan rumah sejak tanggal 1 Januari 2018 lalu. Menurutnya, suaminya bernama Indrawan alias Dikin alias Sodikin alias Ikin, berusia 32 tahun. Suaminya meninggalkan rumah saat bekerja sebagai kuli bangunan di salah satu rumah tetangganya di Kabupaten Sumedang.

“Suami saya telah meninggalkan rumah sejak awal Januari lalu. Tolong bantu Pak, pertemukan saya dengan dengan suami saya. Anak ini selalu menanyakan keberadaan ayahnya, meskipun kata-katanya belum begitu jelas,” katanya, kepada HR Online, sambil mengusap air mata.

Bela mengatakan, sebelum meninggalkan rumah, sang suami sempat menyuruhnya ke pasar untuk membelikan beras. Saat itu suaminya sedang bekerja di salah satu rumah tetangga.¬†“Tetapi ketika saya pulang ke rumah, suami sudah tidak ada di tempatnya bekerja. Sampai sekarang keberadaan suami belum diketahui,”ungkapnya sembari memperlihatkan foto suaminya.

Suami Bela, bernama Indrawan alias Dikin alias Sodikin alias Ikin, berusia 32 tahun, yang meninggalkan rumah sebulan yang lalu. Foto: Dokumentasi Bela

Bela menuturkan, pasca hilangnya sang suami, dia sudah berusaha mencari ke berbagai Kota/Kabupaten, seperti Jakarta, Bandung, Banten, Subang dan yang terakhir di Kabupaten Ciamis.

“Saya sudah berusaha mencari suami kesana-kemari, sampai kehabisan bekal di Ciamis. Untuk bisa hidup bersama anak saya ini, saya mengamen di sini,”ungkapnya.

Dengan kepolosannya, Bela pun meminta kepada warga untuk ikut membantu mencari keberadaan suaminya. “Tolong bantu cari keberadaan suami saya. Saya tidak punya sanak keluarga di Ciamis. Saya juga bingung tidak tahu harus kemana lagi mencari suami saya,” katanya.

Bela juga mengaku belum melapor ke polisi pasca suaminya dinyatakan hilang dari rumah. Menurutnya, alasan dia mencari ke Ciamis, karena sebelumnya sang suami sering bekerja di Ciamis sebagai kuli bangunan. “Siapa tahu suami saya ada di Ciamis. Dia sering ikut kerja bersama temannya sebagai kuli bangunan ke daerah Jakarta, Bandung, Banten dan Ciamis. Makanya saya cari ke daerah-daerah yang sering didatangi suami,” ujarnya.

Saat berada di Pabuaran Ciamis, Bela pun mendapat bantuan makanan dan uang dari warga. Ketua RT setempat pun sudah melakukan koordinasi dengan pihak kelurahan agar memfasilitasi ibu muda ini ke Dinas Sosial Kabupaten Ciamis agar bisa dibantu untuk dipulangkan ke keluargannya di Sumedang. Sementara untuk mencari suaminya, warga menyarankan kepada Bela untuk melapor ke polisi. (Tantan/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA