Pebulu Tangkis Asal Kota Banjar Ini Bawa Indonesia ke Final BATC

Firman Abdul Kholik, pebulu tangkis tunggal putra Indonesia asal Kota Banjar, Jawa Barat, berhasil membawa Indonesia ke final Badminton Asia Team Championships (BATC). Foto : Tim Humas dan Media PP PBSI.

Berita Olahraga, (harapanrakyat.com),-

Firman Abdul Kholik, pebulu tangkis tunggal putra Indonesia asal Kota Banjar, Jawa Barat, berhasil membawa Indonesia ke final Badminton Asia Team Championships (BATC) atau Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia 2018, di Stadium Sultan Abdul Halim, Malaysia, Sabtu (10/2/2018).

Di partai kelima semi final Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia 2018, Firman menjadi penentu kemenangan Indonesia 3-2 dari Korea Selatan, setelah sukses mengalahkan Lee Dong-keun dalam waktu 84 menit.

Pertandingan antara Firman dengan Lee Dong-keun berlangsung menegangkan. Di gim pertama, putra asli Kota Banjar ini berhasil unggul jauh 11-6. Namun setelah “turun minum” Lee berhasil menyamakan angka menjadi 12-12, bahkan membalikkan keadaan menjadi 17-15.

Tidak ingin menyerah begitu saja, pemain bertangan kidal ini langsung “tancap gas” untuk mengejar ketertinggalan. Dan akhirnya gim pertama berhasil dia menangkan dengan skor sangat ketat 22-20.

Di gim kedua, Lee mampu menekan Firman bahkan unggul jauh sampai 15-8. Pada gim kedua, Firman rupanya tidak bisa lepas dari tekanan, sehingga Lee memaksa Firman untuk bermain rubber game setelah menyudahi gim kedua dengan skor 21-11.     

Di gim penentuan pertandingan semakin menarik dan menegangkan. Permainan terbaik Firman kembali muncul di gim ketiga, dengan unggul jauh 11-6. Namun setelah jeda, Lee yang tertinggal cukup jauh berhasil menyamakan poin 13-13.

Bahkan, Lee balik unggul 17-14 sampai meraih match point lebih dulu menjadi 20-14. Rupanya mental Firman tidak ciut. Meski tertinggal 6 angka akhirnya Firman berhasil “menikung” Lee dan menyudahi gim penentuan menjadi 22-20.

Sebelumnya, tim Indonesia unggul 2-0 dari Korea Selatan lewat tunggal pertama Jonatan Christie serta ganda Mohammad Ahsan/Angga Pratama. Akan tetapi, Korea Selatan mampu menyamakan menjadi 2-2, setelah tunggal kedua Indonesia Ihsan Maulana Mustofa dan ganda kedua Rian Agung Saputro/Hendra Setiawan kalah.

Dengan kemenangan ini, di final nanti (Minggu, 11/2/2018) tim Indonesia akan melawan tim China yang sebelumnya berhasil mengalahkan tuan rumah Malaysia dengan skor 3-1. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar