(Pilkada Ciamis) Herdiat: Daerah Perbatasan Harus Diprioritaskan Pembangunannya

Calon Bupati Ciamis, Herdiat

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com) –

Calon Bupati Ciamis, Herdiat, menegaskan, daerah-daerah perbatasan khususnya di Kabupaten Ciamis, harus lebih diproritaskan dari berbagai sisi pembangunannya. Sebab, daerah perbatasan merupakan wajah atau pintu utama sebuah wilayah administratif kabupaten/kota dan juga mencerminkan jati diri sebuah daerah. 

“Dalam memprioritaskan daerah-daerah perbatasan paling tidak harus membuat pusat pertumbuhan, terutama dalam bidang ekonomi,”ujar Herdiat, kepada HR Online, saat melakukan kunjungan di Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (18/02/2018).

Herdiat mengungkapkan, apabila pertumbuhan ekonomi menggeliat, tentu banyak hal positif yang dapat dirasakan oleh warga perbatasan. Salah satunya adalah akan berdampak terhadap meningkatnya transaksi perputaran uang, sehingga dapat membantu warga setempat dalam meningkatkan taraf perekonomiannya.

“Kondisi yang saya lihat sekarang ini, daerah-daerah perbatasan di Kabupaten Ciamis malah menjadi belakangnya Ciamis. Seharusnya daerah perbatasan itu menjadi wajah yang dapat mencerminkan jati diri Kabupaten Ciamis,”ungkapnya.

Herdiat mengatakan, untuk menopang pertumbuhan perekonomian di suatu daerah, maka harus didukung pula oleh ketersediaan infrastruktur yang memadai. “Jadi, inftrastrukturnya dulu harus dibenahi, terutama yang menyangkut akses dan fasilitas untuk memperlancar perekonomian. Kalau itu sudah dilakukan, saya yakin pertumbuhan ekonomi akan tercipta dengan sendirinya,” ujarnya.

Herdiat juga mengungkapkan, konsep revitalisasi inftrastruktur di wilayah perbatasan sudah masuk dalam visi dan misinya. Apabila dia terpilih sebagai bupati Ciamis, maka konsep itu akan diwujudkan dalam waktu dekat. (Tantan/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA