Program AMS di Pangandaran Dibenahi

Sekretaris Disdikpora Pangandaran, Agus Nurdin. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Dalam rangka menunjang program Ajengan Masuk Sekolah (AMS) yang digulirkan Pemkab Pangandaran, pemerintah bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olaharga (Disdikpora) Pangandaran menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait pembahasan AMS di Aula Setda Pangandaran, Selasa (20/02/2018).

Sekretaris Disdikpora Pangandaran, Agus Nurdin, mengatakan, bahwa dalam pembahasan tersebut program AMS diakuinya masih ada sedikit kekurangan yang perlu dibenahi, yakni belum adanya buku pedoman implementasi AMS di sekolah.

“Di tahun 2018 ini agenda kita adalah menutupi kekurangan tersebut dengan memberikan buku pedoman agar para ajengan nantinya paham dan mengerti apa yang harus dilakukannya di dalam kelas saat mengajar,” katanya kepada Koran HR.

Selain para ajengan akan diberikan buku pedoman, lanjut Agus, nantinya ajengan juga akan didampingi oleh guru masing-masing sekolah. Hal ini guna menghindari kesan guru tidak melakukan apapaun saat ajengan berada di dalam kelas.

“Jadi guru itu wajib mendampingi ajengan yang sedang mengajar di dalam kelas. Dalam pelaksanaan ini pun kita mengacu pada Perpres Nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter,” ujar Agus lagi.

Agus menambahkan, bahwa dalam pelaksanaan AMS tersebut dianggarkan sebesar Rp. 5 miliar yang mana peruntukannya digunakan pesantren kilat termasuk manajemennya, pengadaan buku serta kebutuhan lainnya.

Sementara itu, Otong, Ketua MUI Pangandarna, mengatakan, di dalam AMS tersebut terdapat sistem rekrutmen dan tes ajengan yang akan masuk ke dalam sekolah. Hal itu, kata ia, agar harapan program tersebut tepat sasaran, yakni menjadikan para siswa-siswi di Pangandaran lebih berkarakter, terutama dalam bidang keagamaan.

“Saat ini sekitar ada 780 ajengan yang diikutsertakan dalam program AMS ini. Dan untuk setiap kecamatan yang ada itu disesuaikan dengan kebutuhan sekolah,” ujarnya. (Ntang/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar