Ratusan Ribu Benih Ikan Dilepasliarkan di Sungai Citanduy Banjar

Wali Kota Banjar, Ade Uu Sukaesih saat melepaskan bibit ikan sungai Citanduy atau tepatnya di lokasi pasir lingkung Cikadu, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Sabtu (10/2/2018). Foto : Hermanto/HR 

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sebanyak seratus ribu ekor ikan dilepasliarkan di sungai Citanduy atau tepatnya di lokasi pasir lingkung Cikadu, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Sabtu (10/2/2018) pagi tadi. 

Bibit-bibit ikan tersebut jenisnya yakni bibit ikan Baung (Bebeong), Nilem, dan Tawes. Restocking atau pelepasan ikan ini langsung oleh Wali Kota Banjar, Ade Uu Sukaesih, dengan dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Banjar, Aswin beserta jajarannya, Camat Purwaharja Nia Kania, Kepala Kelurahan Karangpanimbal Herniati, serta para tokoh masyarakat dan puluhan warga.

Wali Kota Banjar mengatakan, penebaran bibit ikan ini merupakan salah satu langkah penyelamatan populasi, terutama ikan Baung atau orang sunda menyebutnya Bebeong yang mulai berkurang.

“Penebaran benih ikan ini diharapkan bisa meningkatkan potensi sungai, terlebih untuk ikan Baung, karena ikan tersebut merupakan ikan khas sungai Citanduy,” ujarnya.

Selain itu, ia pun berharap bibit yang ditebar akan bermanfaat dalam beberapa tahun bahkan beberapa bulan mendatang. Dalam kegiatan ini, masyarakat pun menyambut baik.

“Alhamdulillah, program ini disambut baik oleh masyarakat. Kita tabur bibit ikan sekarang, satu tahun atau bahkan beberapa bulan kedepan benih ikan baung dan ikan-ikan yang ditabur lainnya ini sudah besar dan siap dinikmati oleh masyarakat,” katanya. (Hermanto/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA