Seolah Dibiarkan Pemerintah, Warga Pangandaran Ini Bersihkan 8 Kilometer Bahu Jalan

Iwan saat membersihkan bahu jalan yang dipenuhi rumput liar. Foto: Aceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Jalan penghubung Kecamatan Cigugur dan Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, yang terletak di Desa Cempaka, Kecamatan Cigugur bahu jalannya tampak tak terawat dan terkesan dibiarkan. Padahal, jalan yang saat ini sudah dibangun tersebut perlu dirawat guna memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat yang menggunakan jalan tersebut.

Melihat kondisi tersebut, sejumlah warga memiliki inisiatif membersihkan bahu jalan sepanjang 8 kilomter tersebut yang kondisinya seolah tak diperhatikan pemerintah.

Iwan, seorang warga Dusun Pilar, rela membersihkan bahu jalan tersebut sudah sejak 21 hari yang lalu tanpa dibayar sepeserpun oleh pemerintah. Meski begitu, ia mendapatkan uang sebagai pengganti keringatnya dari para pengguna jalan yang kebetulan melintas.

“Saya hanya ingin warga yang melewati jalur ini aman dan nyaman. Harusnya memang dari pemerintah mengagendakan setiap 3 bulan sekali untuk melakukan pembersihan, namun ini justru sama sekali. Ya terpaksa saya sendiri yang bersih-bersih,” ujar Iwan kepada Koran HR beberapa waktu lalu.

Asep, salah satu pengguna jalan, mengapresiasi langkah Iwan yang rela membersihkan bahu jalan yang sudah dibangun pemerintah tersebut. Pasalnya, setelah dibersihkan, jalan semakin tampak nyaman dipandang dan dilalui.

“Mudah-mudahan ke depan ada intruksi dari pemerintah untuk bersih-bersih. Memang posisi jalannya di tengah hutan, namun jalan ini selalu ramai digunakan oleh warga. Jadi, jangan sampai ini dibiarkan begitu saja, harus dirawat,” ucapnya. (Aceng/Koran HR)

KOMENTAR ANDA